OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI CALON GURU IPA SMP DI PRODI PENDIDIKAN IPA UST

Widowati Pusporini(1*), Septi Ambarwati(2)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/sosio.v2i2.554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Mata Kuliah praktikum di Prodi Pendidikan IPA UST. Dalam pelaksanaan perkuliahan banyak faktor yang menjadi penentu kualitas pembelajaran, diantaranya fasilitas laboratorium, sistem pengelolaan laboratorium, perangkat pembelajaran, kesiapan dosen dalam mengajar, kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Pelaksanaan proses pembelajaran praktikum di prodi pendidikan IPA sejauh ini sudah berjalan, hal ini berdasarkan dari observasi awal berupa catatan hasil interview dari dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa. Selain itu juga didapatkan data awal, diantaranya kurikulum prodi pendidikan IPA, jadwal praktikum, presensi kuliah, buku petunjuk praktikum. Mata kuliah yang dipraktikumkan di prodi IPA UST berjumlah 10 mata kuliah dengan bobot 3 sks. Semua matakuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa. Meskipun sejauh ini perkuliahan praktikum sudah berjalan akan tetapi banyak kendala yang ditemui pada pelaksanaan pembelajaran praktikum ini, sehingga diperlukan banyak perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan mengoptimalisasi perkuliahan praktikum dengan menitikberatkan pada perbaikan sistem kelola laboratorium, penjadwalan praktikum, perangkat pembelajaran praktikum (buku petunjuk praktikum, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM)), sistem penilaian dan sarana penunjang lain (koleksi alat/bahan laboratorium) diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran praktikum untuk mendukung kompetensi calon guru IPA SMP di prodi pendidikan IPA UST.

 

Kata kunci : praktikum IPA, laboratorium

References


Abdurrahman. (2007). Meaningful learning re-invensi kebermaknaan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carin, A.A & Sund, R.B (1985). Teaching science through discovery (5th ed). Ohio: A Bell & Howell Company.

Chiapetta, Eugene L and Alfred T Collete. (1994). Science Instruction in The Middle and Secondary School. New York : Macmilan Publishing Company

Depdiknas. (2004-a). Pedoman pemilihan dan pemanfaatan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Gulo. W. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Grasindo Widiasarana Indonesia.

Lorin, Kratwohl. (2001). A taxonomy for learning, teaching and Assesing. New York: Longman. NRC. 2007. Taking science to school: Learning and teaching science in grades K–8. Washington, DC: National Academies Press.

Saefudin Azwar. (2002). Validitas dan Realibilitas. Jakarta: Pustaka Pelajar

Sharon J. Sherman dan Robert S. Sherman. (2004). Science and Science Teaching. USA: Houghton Mifflin Company.

Sukardjo. (2008). Handout mata kuliah evaluasi pembelajaran sains. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Stanislaus S. Uyanto. (2009). Pedoman

Analisis Data dengan SPSS.

Yogyakarta:Graha Ilmu.

Trianto. (2007). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Victor Sampson, Jonathon Grooms, and Joi

Walker (2009). Jurnal The Science Teacher.

Full peer-review sheet:

www.nsta.org/highschool/connections.aspx

Wina Sanjaya. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Statistic

Abstract view : 192 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 182 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora