Humanisme religius dalam perspektif tri hayu
DOI:
https://doi.org/10.30738/spirits.v11i2.12672Keywords:
humanisme religius, tamansiswa, trihayuAbstract
Kecanggihan teknologi yang menjadikan pergeseran norma yang terjadi dimasyarakat seperti pribadi yang individualis dan merosotnya akhlak terpuji maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran humanisme religius dalam prespektif Tri Hayu. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga subjek inti dan tiga informan. Subjek inti terdiri dari santriwati pesantren At-Tahdzib yang tidak tergabung dalam kepengurusan asrama putri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis fenomenologi dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ketiga subjek yang bertempat tinggal dipesantren At-Tahdzib memiliki humanisme religius dalam prespektif Tri Hayu yang baik. Ditinjau dari memayu hayuning saliro tercermin dalam kehidupan sehari-hari merupakan hasil dari pembiasaan baik dari orang tua dan lingkungan sekitar untuk bisa menyelesaikan masalah pribadi. Memayu hayuning manungsa seseorang terwujud karena mendapatkan stimulus dari orang lain sehingga memunculkan respon baik untuk membahagiakan orang lain juga seperti tolong menolong pada sesama. Memayu hayuning bangsa dapat tercermin karena hasil pemikiran dan pendidikan individu untuk mewujudkan generasi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar
References
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Ancok, Djamaludin dan Fuad, Anshari. (2001). Psikologi Islam : Solusi Islam Atas Problema Problema Psikologi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Arifin, Zainul. (2014). Nilai pendidikan humanis-religius. Jurnal An-Nuha, 1(2) 53-80. Attahdzib. (2019). Profil Pesantren Attahdzib (PA). Jombang: Attahdzib.
Bagir, Haidar. (2011). Diskusi pengalaman religius. The Islamic College Jakarta. Journal For Philosophy & Mysticsm. 1(1).
Boentarsono, B, dkk. (2017). Buku Saku Tamansiswa Badan Perjuangan Kebudayaan & Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: UST-PRESS
Darmajati, Danu. (2018). Terorisme Terlaknat 2018: Bom Sekeluarga Mengguncang Surabaya. https://news.detik.com/berita/d-4358370/terorisme-terlaknat-2018-bom-sekeluarga-mengguncang-surabaya Sumber diatas diperoleh dari situs News.detik.com diunduh pada tanggal 9 November 2020.
Dewantara, Hadjar. (2013). Ki Hadjar Dewantara Pemikiran. Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka. Yogyakarta: UST-Press.
Fitriani, Annisa. (2016). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Jurnal Al-adyan, 11(1).
Flora, Maria. (2020). Kabar Terbaru dari Kasus Penyerang Syekh Ali Jaber di Lampung. https://www.liputan6.com/news/read/4358143/kabar-terbaru-dari-kasus-penyerangan-syekh-ali-jaber-di-lampung Sumber diatas diperoleh dari situs liputan6.com diunduh pada tanggal 9 November 2020.
Harmaini & Yulianti, Alma. (2014). Peristiwa-peristiwa yang membuat bahagia. Jurnal ilmiah psikologi, 1(2) 109-119.
Jumarudin., Abdul Gafur., & Suardiman, Siti Partini (2014). Pengembangan model pembelajaran humanis religius dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2) 114-129.
Kamaruzzaman. Sulistiawan, Hendra & Aliwanto. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan hubungan sosial mahasiswa program studi bimbingan dan konseling IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2).
Khodijah, Siti & Nurizzati, Yeti. (2018). Dampak penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku sosial siswa di MAN 2 Kuningan. Jurnal Edueksos, 7 (2).
Kridiyanto, dkk. (2019). Sistem pendidikan pesantren dan tantangan modernitas. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan. 15(01).
Mangunhardjana, A. (1997). Isme-Isme dari A Sampai Z, Yogyakarta: Kanisius.
Muzaini. (2014). Perkembangan teknologi dan perilaku menyimpang dalam masyarakat modern. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Ningrum, Diah. (2015). Kemerosotan moral di kalangan remaja: Sebuah penelitian mengenai parenting styles dan pengajaran adab. Jurnal UNISIA, 37(82).
Nurjanah, Ida. (2018). Paradigma humanisme religius pendidikan Islam (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas‟ud). Jurnal Misykat, 3(1).
Nurkholis. (2010). Reorientasi dan implementasi pendidikan humanis religius. Jurnal Pendidikan Islam, 20(01) 1-14.
Triharsiwi, dkk. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: UST-PRESS
Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Ika Lailatul Khikmah, Siti Hafsah Budi Argiati, Titisa Ballerina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.