Percaya diri dalam belajar Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.30738/spirits.v11i2.12673Keywords:
belajar, percaya diri, siswaAbstract
Setiap individu memiliki tingkat percaya diri yang berbeda dengan adanya percaya diri yang optimal maupun belum optimal. Hal tersebut membuat individu dengan percaya diri yang belum optimal dapat membuat ia tidak berkembang dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami percaya diri siswa dalam belajar pada kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bengkayang pada aspek rasional, tanggung jawab, objektif, rasional dengan fokus penelitian pada aspek rasional. penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan skala percaya diri, observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dengan tingkat percaya diri siswa kelas VII masuk dalam kategori belum optimal dalam belajar pada aspek rasional dan realistis dengan indikasi siswa merasa gugup jika ditanya oleh Bapak/Ibu Guru.
References
Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. doi: 10.46281/AIJSSR.V5I1.462
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. doi: 10.31764/HISTORIS.V5I2.3432
Andrefa, Y., S, S., & Megawati. (2019). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan media Komik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, (6 oktober), 1–7.
Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan sikap dan percaya diri siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 188. doi: 10.32699/spektra.v5i2.103
Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. doi: 10.26740/JUPE.V7N3.P71-75
Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., … Pura, J. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. doi: 10.52022/JIKM.V12I3.102
Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. Skripsi, 19.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. doi: 10.29210/02017182
Hastiani, Rustam, H. E. (2019). Bibliocounseling berbasis nilai kearifan lokal robo-robo etnis melayu sebagai penegasan identitas diri remaja Pontianak. SOLUTION, Jurnal of Counseling and Personal Development, 1(1), 26–39.
Imro’atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 50–57. doi: 10.17977/um001v2i22017p050
Kusuma, D. M. C. (2014). Upaya meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik dengan unjuk diri menggunakan media pop up book di TK Baithul Hikmah. Proceedings of the 8th Biennial Conference of the International Academy of Commercial and Consumer Law, 1(hal 140), 43.
Lusiawati, I. (2016). Membangun optimisme pada seseorang ditinjau dari sudut pandang psikologi komunikasi. Jurnal TEDC, 10(3), 147–151.
Martin. (2015). Korelasi kepercayaan dirid engan kemampuan mengembangkan bakat sosial. Didaktikum, 16(3), 37–44. Retrieved from https://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/165
Mohammad Faizal Amir, M. P., & Septi Budi Sartika, M. P. (2017). Buku Ajar Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan (Vol. 148). (Vol. 148).
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83–94. doi: 10.26858/CJPKO.V12I2.13781
Munawaroh, H., Imroatun, & Ibrohim, B. (2020). Upaya peningkatan rasa percaya diri AUD melalui kegiatan bernyanyi di depan kelas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133–142. doi: 10.32678/AS-SIBYAN.V4I2.2444
National, G., & Pillars, H. (2020). Penelitian Kualitatif. 1–159.
Ningtiyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16. doi: 10.32923/IJOCE.V1I1.1139
Permata, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Membangun perilaku berkeadaban bagi siswa dalam bermedia sosial sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(5), 1–8.
Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil tingkat percaya diri siswa SMK Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 19. doi: 10.25273/COUNSELLIA.V8I1.2248
Sriyono, H. (2017). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Research and Development Journal of Education, 4(1). doi: 10.30998/RDJE.V4I1.2066
Tracy, B. (2014). The Power Of Self Confidence. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Wahyuni, A. P. (2019). Pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Wiyata, Pandu, R. (2019). Upaya meningkatkan percaya diri melalui konseling kelompok teknik pemodelan kognitif pada pengurus OSIS SMAN 1 Plumpang. Jurnal BK UNESA, 9(2), 33–39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Anita, Martin, Hastiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.