Berpikir merdeka pada pendidikan sanggar anak alam (SALAM) yogyakarta

Authors

  • Bagus Setio Budiraharja Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Titik Muti'ah Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Ryan Sugiarto Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v11i2.12674

Keywords:

berpikir merdeka, pembelajaran konstruktif, SALAM

Abstract

Penelitian yang mengkaji konsep dan praktik berpikir merdeka pada pendidikan Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. Berpikir merdeka diteliti mengambil sudut pandang pendidikan konstruktif yang memberikan kemerdekaan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah lima orang stakeholder SALAM dan empat orang significant others, lokasi penelitian bertempat di Kabupaten Bantul. Temuan penelitian menunjukan bahwa konsep dan praktik berpikir merdeka di SALAM sudah diimplementasikan. Pengimplementasian nilai-nilai among dalam melaksanakan pendidikan yang terdiri dari tiga aspek diantaranya: 1) orientasi pendidikan yang berpusat pada murid; 2) makna belajar yang menganggap pembelajaran sebagai proses yang menyenangkan dan berorientasi pada proses; 3) memerdekakan murid melalui keleluasaan belajar bagi murid, menjalin kesepakatan belajar serta mengutamakan pendekatan dialogis. Dalam praktiknya melalui daur belajar sebagai implementasi konsep Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karya, Tut Wuri Handayani (Ing-Ing-Tut) menggunakan pendekatan riset. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya berupa ekosistem belajar yang dibangun dan kesadaran kolektif para aktor di SALAM.

References

Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. doi: 10.46281/AIJSSR.V5I1.462

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. doi: 10.31764/HISTORIS.V5I2.3432

Andrefa, Y., S, S., & Megawati. (2019). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan media Komik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, (6 oktober), 1–7.

Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan sikap dan percaya diri siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 188. doi: 10.32699/spektra.v5i2.103

Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. doi: 10.26740/JUPE.V7N3.P71-75

Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., … Pura, J. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. doi: 10.52022/JIKM.V12I3.102

Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. Skripsi, 19.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. doi: 10.29210/02017182

Hastiani, Rustam, H. E. (2019). Bibliocounseling berbasis nilai kearifan lokal robo-robo etnis melayu sebagai penegasan identitas diri remaja Pontianak. SOLUTION, Jurnal of Counseling and Personal Development, 1(1), 26–39.

Imro’atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 50–57. doi: 10.17977/um001v2i22017p050

Kusuma, D. M. C. (2014). Upaya meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik dengan unjuk diri menggunakan media pop up book di TK Baithul Hikmah. Proceedings of the 8th Biennial Conference of the International Academy of Commercial and Consumer Law, 1(hal 140), 43.

Lusiawati, I. (2016). Membangun optimisme pada seseorang ditinjau dari sudut pandang psikologi komunikasi. Jurnal TEDC, 10(3), 147–151.

Martin. (2015). Korelasi kepercayaan dirid engan kemampuan mengembangkan bakat sosial. Didaktikum, 16(3), 37–44. Retrieved from https://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/165

Mohammad Faizal Amir, M. P., & Septi Budi Sartika, M. P. (2017). Buku Ajar Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan (Vol. 148). (Vol. 148).

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83–94. doi: 10.26858/CJPKO.V12I2.13781

Munawaroh, H., Imroatun, & Ibrohim, B. (2020). Upaya peningkatan rasa percaya diri AUD melalui kegiatan bernyanyi di depan kelas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133–142. doi: 10.32678/AS-SIBYAN.V4I2.2444

National, G., & Pillars, H. (2020). Penelitian Kualitatif. 1–159.

Ningtiyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16. doi: 10.32923/IJOCE.V1I1.1139

Permata, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Membangun perilaku berkeadaban bagi siswa dalam bermedia sosial sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(5), 1–8.

Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil tingkat percaya diri siswa SMK Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 19. doi: 10.25273/COUNSELLIA.V8I1.2248

Sriyono, H. (2017). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Research and Development Journal of Education, 4(1). doi: 10.30998/RDJE.V4I1.2066

Tracy, B. (2014). The Power Of Self Confidence. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Wahyuni, A. P. (2019). Pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Wiyata, Pandu, R. (2019). Upaya meningkatkan percaya diri melalui konseling kelompok teknik pemodelan kognitif pada pengurus OSIS SMAN 1 Plumpang. Jurnal BK UNESA, 9(2), 33–39.

Downloads

Published

2021-05-13

How to Cite

Budiraharja, B. S. ., Muti’ah, T. ., & Sugiarto, R. . (2021). Berpikir merdeka pada pendidikan sanggar anak alam (SALAM) yogyakarta . Jurnal Spirits, 11(2), 158–164. https://doi.org/10.30738/spirits.v11i2.12674

Citation Check