Manusia, sosial media, dan umbul: psikoedukasi strategi marketing

Authors

  • Candra Indraswari Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Andrias Cahya Purnama Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nandia Putri Zuhdi Almakhi Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nastiti Dayu Larasati Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Unny Adzmiati Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v12i1.12717

Keywords:

psikoedukasi, strategeti pemasaran, sumber daya manusia, umbul brintik

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan lumpuhnya berbagai macam sektor. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor pariwisata, baik yang berskala besar atau yang berskala kecil/daerah. Umbul Brintik adalah salah satu badan usaha milik desa dan dikelola juga oleh desa yang bergerak dibidang pariwisata terkhusus pada terapi kesehatan. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengungkap permasalahan yang terjadi di Umbul Brintik terkait dengan strategi pemasarannya. Metode penelitian yang digunakan kali ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan data ialah wawancara dan observasi. Informan penelitian kali ini berjumlah tiga orang karyawan Umbul Brintik. Hasil menunjukkam bahwa terdapat hal yang harus diperhatikan, yaitu sumber daya manusia yang dapat menunjang strategi marketing. Hal tersebut dikarenakan, pemasaran yang dilakukan masih berupa offline, yang diharapkan berpindah ke online, terlebih disituasi pandemi sekarang ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi pemasaran untuk meningkatkan voleme penjualan di cavintion hotel Yogyakarta. Journal Of Indonesian, 1(2), 83-96.

Albasir, D. (2019). Pengembangan objek wisata bukit pangonan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat perspektif ekonomi islam. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Syariah, 23(1), 136-141.

Ardianti, S. (2017). Pengaruh kunjungan wisata terhadap pendapatan masyarakat di desa medewi, kecamatan pekutatan, kabupaten jamrana. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Undiksha, 9(1), 198-206.

Bachri, B. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Bhattacharjee, D., Rai, A. K., Singh, N. K., Kumar, P., Munda, S. K., & Das, B. (2011). Psychoeducation: A measure to strengthen psychiatric treatment. Delhi Psychiatry Journal, 14(1), 33-39.

Brown, N. W. (2011). Psychoeducational Groups: Process and practice (3rd Ed.). New York: Brunner-Routledge.

Creswell, J. W. (2018). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Singapore: Pearson Merrill Prentice Hall.

Dewi, A. S. K. (2014). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya dalam meningkatan pendapatan asli desa (PADes) serta menumbuhkan perekonomian desa. Journal of Rural and Development, 5(1), 1-14.

Dimas, H., Zainul, A., & Sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1).

Ethika, T. D. (2016). Pengembangan pariwisata berbasis budaya berdasarkan undang-undang no. 10 tahun 2009 di kabupaten sleman. Jurnal Kajian Hukum, 1(2).

Evans, N., Campbell, D., & Stonehouse, G. (2003). Strategic management for travel and tourism. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Haki, A. N. A. (2018). Promosi pemasaran potensi industri pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dikabupaten Sinjai. Jurnal Komunikasi Kareba, 7(2), 281-188.

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan keabsahan data penelitian kualitatif pada skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Handoko, H. (1999). Perilaku organisasi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Harmiati., & Zulhakim, A. A. (2017). Eksistensi Badan Usaha Milik desa (BUMDes)

dalam mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat desa yang berdaya saing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Unihaz Bengkulu.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial. Jurnal at Taqaddum.

Krisdianto, B., & Nurhajati. (2017). Pengaruh pengembangan sumber daya manusia dan motivasi terhadap kinerja pegawai Dinas Pariwisata Kota Batu”. Jurnal JIMMU, 2(2).

Kurniawan, W. (2015). Dampak sosial ekonomi pembangunan pariwisata umbul sidomukti kecamatan bandungan kabupaten semarang. Economics Development Analysis journal, 4(4), 443-451.

Mulawarman, & Nurfitri, A.D. (2017). Perilaku penggunaan media sosial beserta imlikasinya di tinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Jurnal Psikologi, 25(1), 36-44.

Moleong, L. J. (2001). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulawarman., & Aldila, D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36 – 44.

Pajriah, S. (2018). Peran sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25-34.

Prasetyo, N. D. (2006). Sistem pemerintahan desa. Makalah.

Prasetyo, T. (2018). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2).

Putra, A. S., & Soetikno, N. (2018). Pengaruh intervensi psikoedukasi untuk meningkatkan achievement goal pada kelompok siswi underachiever. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 254-261.

Royanty, I. K., Sunarti., & Shanti, P. (2019). Pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke museum (Survei pada wisatawan museum Angkut Batu Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2), 84-92.

Rusdi, M. (2019). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada perusahaan genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 49-54.

Sedarmayanti. (2008). Manajemen sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Semiawan, P. R. (2010). Metode penelitian kualitatif jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Setiawan, R. I. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: Perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal PENATARAN, 1(1).

Silalahi, B. (2000). Manajemen sumberdaya manusia. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPMI.

Soep. (2009). Pengaruh intervensi psikoedukasi dalam mengatasi depresi postpartum di RSU dr. Pirngadi Medan. Tesis: Universitas Sumatera Utara.

Subandi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta .

Susanto, A., Susilo, H., & Riyadi. (2017). Penggunaan web sebagai salah satu pendukung strategi pemasaran produk oleh perusahaan kusuma agro industri batu. Jurnal Administrasi, 1(2), 1-11.

Thohar, G. B. (2015). Analisi potensi objek wisata umbul ngrancah di desa ndanwuh kecamatan kaliwungu kabupaten semarang. Jurnal Pengembangan, 1(1), 1-15.

Umammi, Z. (2015). Social strategi pada media sosial untuk promosi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, 4(2), 195-201.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). strategi pemasaran melalui media sosial instagram. Jurnal Pemasaran, 2(2), 271-278.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi .Sulawesi Selatan.

Yelta, N. A., Rohana, F., Zahrah, N. A. N., Miswag, J., Zulfiana, M. A., Lestari, L. M., Julianto, V., & Indraswari, C. (2020). Meningkatkan pemahaman mengenai strategi pemasaran kepada karyawan toko sumber panguripan, ponggok, klaten. Mega Aktiva: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 9(1), 21-28.

https://jdih.bpk.go.id/?p=20949. Diakses pada 23 Januari 2021.

https://kumparan.com/andrian-firmansyah-1610418915341626281/menikmati-sore-hari-di-umbul-pluneng-1uxjcC3CbAX/full. Diakses pada 15 Januari 2021.

https://www.mytrip.co.id/article/5-umbul-di-klaten-yang-instagrammable. Diakses pada 20 Januari 2021.

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/wisata-aman-kebijakan-sektor-pariwisata-di-tengah-pandemi-covid-19. Diakses pada 25 Januari 2021.

https://poskita.co/2019/02/24/air-umbul-brintik-klaten-berkhasiat-buktikan/. Diakses tanggal 20 Mei 2021.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Indraswari, C., Purnama, A. C. ., Almakhi, N. P. Z. ., Larasati, N. D. ., & Adzmiati, U. (2021). Manusia, sosial media, dan umbul: psikoedukasi strategi marketing. Jurnal Spirits, 12(1), 27–36. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i1.12717

Citation Check