Kontrol diri dalam media sosial ditinjau dari etika digital
DOI:
https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12812Keywords:
Etika digital, Kontrol diri, RemajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara etika digital terhadap kontrol diri dalam media sosial pada siswa, penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Purworejo. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif dengan kontrol diri dalam media sosial pada remaja dengan asumsi semakin tinggi etika digital maka semakin tinggi juga kontrol diri dalam bermedia sosial. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 112 siswa yang terdiri dari 38 siswa laki-laki dan 74 siswa perempuan dengan rentang usia 12 hingga 15 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku pada variabel kontrol diri dalam media sosial dan skala sikap pada variabel etika digital dengan teknik probability sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu product moment dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Analisis data penelitian ini diperolah sebesar r = 0,585 dengan taraf signifikansi P= 0,000 (p < 0,05), artinya hipotesis yang diajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara etika digital dan perilaku kontrol diri dalam media sosial dengan sumbangan efektif yang diperoleh dari kedua variabel tersebut sebesar (R 2 ) 0,342 dan sumbangan relatif sebesar (r) 0,585.
Downloads
References
Agung, D. F. (2020). Hubungan kontrol diri dalam penggunaan media sosial dengan hasil belajat siswa sma negeri 5 padang (Doctoral dissertation, UNP).
Afriani, F., & Azmi, A. (2020). Penerapan etika komunikasi di media sosial. Journal of Civic Education, 3(3), 331-338.
Asmuni, H. (2019). Peran lingkungan sosial terhadap kontrol diri kaum milenial. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 119-134.
Alinurdin, A. (2019). Etika penggunaan internet (digital etiquette) di lingkungan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 123-142.
Asmuni, H. (2019). Peran lingkungan sosial terhadap kontrol diri kaum milenial. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 119-134.
Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Pscyhological bulletin university of Massachusetts, 80(4), 286-303.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet di pustaka digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131-145.
Hulasoh, E., Syamsuddin, R. A., Praditya, A., Lisdawati, L., & Supardi, S. (2020). Pengaruh gadget terhadap prestasi belajar remaja di era milenial pada lembaga bimbingan belajar daarul ‘uluum Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(1), 50-59.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/05/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-youtubepada-semester-i-2021 Diakses pada tanggal 29 Oktober 2021
JakPat.(2021). Media sosial yang terbanyak digunakan pada semester 1 2021.Data boks
Kurniawan, Benediktus F P. (2019). Kontrol diri dalam penggunaan media sosial saat jam pelajaran pada siswi SMA. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Nurhanifa, A., Widianti, E., & Yamin, A. (2020). Self-control of social media usage in adolescents. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(4), 527-540.
Sariyani, S. (2017). Hubungan antara kontrol diri dan intensitas penggunaan media sosial dengan kemampuan sosialisasi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Fenny Kurnia Azzahra, Titik Muti'ah, Sulistyo Budiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.