Implementasi ajaran Neng-Ning-Nung-Nang saat pandemi Covid-19 dalam meregulasi emosi mahasiswa FKIP UST

Authors

  • Chotimah Anis Nur Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Muti'ah Titik Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Hartosujono Hartosujono Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v13i1.15017

Keywords:

Neng-Ning-Nung-Nang, Regulasi Emosi, Mahasiswa

Abstract

Regulasi emosi penting dimiliki mahasiswa dalam menghadapi tantangan dan kesulitan kebijakan pembelajaran daring, sehingga mahasiswa mengalami gejolak emosi. Gejolak emosi yang tidak terkontrol dari mahasiswa menimbulkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris hubungan antara ajaran Neng-Ning-Nung-Nang dengan regulasi emosi saat pandemi Covid-19 pada mahasiswa FKIP UST. Hipotesis penelitian ini terdapat hubungan positif antara ajaran Neng-Ning-Nung-Nang dengan regulasi emosi. Subjek penelitian 92 mahasiswa terdiri dari 18 laki-laki dan 74 perempuan. Metode pengumpulan data dengan skala ajaran Neng-Ning-Nung-Nang dan skala regulasi emosi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment Pearson dengan program SPSS 20.0 for Windows. Penelitian ini menghasilkan r=0,535 dengan nilai p = 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis diterima. Sumbangan efektif ajaran Neng-Ning-Nung-Nang terhadap regulasi emosi sebesar 28,6% dan sisanya 71,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Sehingga penelitian ini terdapat hubungan positif antara ajaran Neng-Ning-Nung-Nang dengan regulasi emosi saat pandemi covid-19 pada mahasiswa FKIP UST.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agasni, A. A., & Endang S. (2015). Kecerdasan Spiritual dengan Regulasi Emosi pada Mahasiswa Program Pendidikan Sarjana Kedokteran UNDIP. Jurnal Empati, 4(1), 23-27.

Amanatullah, M. P., Ayuning, A., & Lukmanul, H. (2020). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Regulasi Emosi pada Narapidana Kelas IIA Sumbawa Besar. Jurnal Psimawa, 3(1), 19-23.

Anwar, K. (2018). Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Stress Akademik pada Mahasiswa Baru. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Aryansah, J. E., & Syska P. S. (2021). Analisis Peran Regulasi Emosi Mahasiswa terhadap Kebijakan School From Home di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 6(1), 8-14.

Boentarsono, dkk. (2016). Buku Saku Tamansiswa. Yogyakarta: UST-PRESS.

Damanik. (2021). IDN TIMES: Curhatan Mahasiswa Setahun Kuliah Online. https://www.idntimes.com/news/indonesia/margith-juita-damanik/curhat-mahasiswa-setahun-kuliah-online-sudah-rindu-ke-kampus/2 (diakses pada tanggal 24 Oktober 2021).

Dari, U., & Hudaidah. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Bagi Mahasiswa Generasi Z. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 76-86.

Firman. (2020). Adanya Kebiasaan dan Budaya Baru Jadi Kompetensi Penting di Era Revolusi Industri 4.0. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/adaptasi-kebiasaan-dan-budaya-baru-jadi-kompetensi-penting-di-era-revolusi-industri-4-0/ (diakses pada tanggal 31 Oktober 2021).

Gross. (2014). Handbook of Emotion Regulation Second Edition. New York: Guilford Publications.

Mustiko. (2021). Menghadapi Pandemi Covid-19 Dengan Neng Ning Nung Nang. http://pkbts.org/menghadapi-pandemi-covid-19--dengan-neng-ning-nung-nang (diakses pada 14 September 2021).

Nugroho, S. S., Mohammad, C. A., Mochamad, J. P., Mudji, R., & Bambang, S. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Bagi Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Hukum, 6(2), 89-94.

Nurazizah, Y. (2020). Regulasi Emosi pada Staf Mantan Pecandu Narkoba di Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar-Rahman Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Restubog, S. L. D., Anna, C. G. O., & Lu, W. (2020). Taking Control Amidst the Chaos: Emotion Regulation During the Covid-19 Pandemic. Journal of Vocational Behavior, 119.

Rizkiana, L., & Endang S. I. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Regulasi Emosi pada Siswa Kelas VIII MTSN Bawu Jepara. Jurnal.

Rusmaladewi, Dewi, R.I., Intan, K., & Henny, A. (2020). Regulasi Emosi pada Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 33-46.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2).

Thompson, R. A., & Sara, M. (2007). Handbook of Emotion Regulation. Amerika Serikat: University of California.

Warsito, R., & Sahid, T. W. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Ajaran Ki Hajar Dewantara dalam Perkuliahan Pendidikan Pancasila untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal PKn Progresif, 13(1), 1-22.

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Anis Nur, C., Titik, M., & Hartosujono, H. (2022). Implementasi ajaran Neng-Ning-Nung-Nang saat pandemi Covid-19 dalam meregulasi emosi mahasiswa FKIP UST. Jurnal Spirits, 13(1), 23–29. https://doi.org/10.30738/spirits.v13i1.15017

Citation Check