Implementasi sistem among dalam menanamkan nilai-nilai karakter

Authors

  • Muharromah Restu Azani Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Muti'ah Titik Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Balerina Titisa

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v13i1.15028

Keywords:

Nilai-nilai Karakter, Sistem Among

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengkaji konsep dan implementasi sistem among dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Implementasi sistem among diteliti dengan mengambil metode Asah, Asih, Asuh dan Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah tiga orang pamong Taman Muda Ibu pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta dan empat orang significant others. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara untuk menggali pengalaman dan pemahaman terkait implementasi sistem among dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan ketiga subjek pamong berperan sebagai pendidik, pembimbing, memberikan arahan jika siswa berbuat salah, memberikan contoh yang baik, memberikan motivasi dan semangat kepada siswa, dan mengajarkan siswa untuk mempunyai nilai-nilai karakter yang baik. Nilai-nila karakter yang ditanamkan yaitu nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Pembelajaran yang pamong lakukan mengedepankan kemerdekaan dan kodrat alam siswa. Faktor pendukungnya adalah pamong, orangtua, dan masyarakat. Faktor penghambat yaitu siswa dan kurangnya pengetahuan dan pengalaman menghadapi ABK. Upaya mengatasi masalah tersebut, melakukan komunikasi dan kerjasama antar pamong, orangtua dan perwakilan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyanti, F,. Fattah H,. and Ahmad Y,. S. (2020). “Sistem Among Dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5(8): 1048.

Aqila, F.Y., Riyandanie, O. G., Fauziah, R. N., & Giri, R.S. (2017). Pengalaman Remaja Berusia Di Bawah 18 Tahun Dalam Bermain Grand Theft Auto Game. Jurnal Psikologi Undip Vol.16(1) 54-63.

Astuti, Id. (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang: Bayumedia Publishing

Basri, Husen, H,. and Murtaddlo, M. (2019). 1 OSF.io Indeks Karakter Siswa 2021.

Boentarsono, Ki B. (2012). Taman Siswa: Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media

Firdaus, A. J. (2015). Upaya guru fiqih dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VII melalui penilaian portofolio di MTS Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri tahun 2015 (Skripsi, IAIN Kediri).

Handayaningrat, S. (1999). Pengantar studi ilmu administrasi dan manajemen.

Jakarta: Haji Masagung.

Hasibuan, M, SP. (2008). Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrayanti, I. (2018). Konsep Pembelajaran Berbasis System Among Dalam Penanaman

Pendidikan Karakter Siswa (Telaah Pemikiran Ki Hadjar Dewantara). Skripsi Sarjana: jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN. Curup

Isnaini, Rohmatun Lukluk. (2016). Penguatan Pendidikan Krakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan islam. 1(1).

Ki suratman. (1991). Ajaran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bekal hidup dalam Perjuangan di Masyarakat. Yogyakarta: Majelis Luhur persatuan Tamansiswa

Kompas . (2011). DPR: kecurangan Cermin Krisis Pendidikan. Diakses pada Oktober 2021, dari https://amp.kompas.com/edukasi/read/2011/06/14/16050588/edukasinews

Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. (2013). Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Universitas sarjanawiyata Tamansiswa (UST Press) bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan tamansiswa.

Marwah, Shafa, S., Syafe’i,M., and Sumarna , E. (2018). “Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5(1): 14.

Maisaro, A., Wiyono, B, B., dan Imron, A. 2018. "Manajemen Program Penguatan Pendidikan karakter Di Sekolah Dasar." JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan 1(3): 302-312

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja

Nugroho, Puthut D, P. (2019). Kisah Pelajar SD Anak Penjual Kerupuk Jadi Korban Bullying Takut Sekolah Hingga Depresi. Diakses pada Oktober 2021, dari

https://amp.kompas.com/regional/read/2019/10/08/21504431/kisah-pelajar-sd- anak-penjual-kerupuk-jadi-korban-bullying-takut-sekolah

Nuri, M.S. (2016). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Kasus pelaksanaan Sistem Among di SDN Timbulharjo Bantul. Basic education, 5(2), 129-140.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.

Purwandari, N, R. (2016). Implementasi Sistem Among dalam Penanaman Karakter di Kelas IV SD Taman Muda Ibu Pawiyatan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 33(5).

Raharjo, S. (2012). Ki Hadjar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.

Riyanti, D., dkk. (2022). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Ilmu Pendidikan 4(10).

Rosala, D., dkk. (2021). Internalisasi Nilai Tri-Silas Melalui Pembelajaran Tari Anak Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2).

Rosyad, A, M,. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen pendidikan. 5(2)

Sari, N, K., dan Puspita, Linda, D., (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS bantara. 2(1)

Setyawan, A, D, and Akbar Al Masjid. 2021. “Daring Mata Kuliah Karawitan Di Masa Pandemi Covid-19.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 7: 1101–5.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat. 23(1).

Supriyatno, A, & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Suwarjo. (1999). Pendidikan Among Sistem. (1st ed.) Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansuswa.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial,pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.

Syamsi, I. (2001). Organisasi dan manajemen.Yogyakarta: Fisipol UGM.

Tanaka, A. (2018). Sistem Among, Dalton, dan Shanti Nikentan Kajian Komparatif Historikal system Pendidikan Indonesia, Amerika, dan India sertab Implikasinya bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia Konteks Kekinian. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah. 1(1).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Diakses dar http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf pada tanggal 19 September 2021pukul 20:27 WIB.

Pendekatan Pluralistik Dalam Pengelolaan Kelas Di Sd Negeri Timuran Yogyakarta. Jurnal Taman Cendikia. 4(1).

Yahya, J, and Yuli, P. (2019). “Penerapan Konsep Sistem Among Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Donotirto Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 5(2)

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Restu Azani, M., Titik, M., & Titisa, B. (2022). Implementasi sistem among dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Jurnal Spirits, 13(1), 30–36. https://doi.org/10.30738/spirits.v13i1.15028

Citation Check