Profil Orientasi Karir siswa SD Terhadap cita-cita di era digital native

Authors

  • Fitriani Program studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Hastiani Program studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Sulistiawan Hendra Program studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Yusril

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v13i2.15039

Keywords:

cita-cita , digital native dan orientasi karir

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling diharapkan mampu untuk menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari unsur yang ada disekolah diharapkan mampu untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka atau merdeka belajar. Focus penelitian ini tentang orientasi karir siswa terhadap cita-cita di era digital native. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif bentuk studi survey. Subjek Penelitian guru BK yang dipilih secara purposive dan siswa kelas 1 B berjumlah 18 orang. Temuan dari studi survey di SD Negeri 19 Pontianak Tenggara tentang orientasi cita-cita siswa di era digital native. cita cita Youtuber berjumlah 3 orang cita-cita Polisi berjumlah 2 orang, cita cita sebagai Guru berjumlah 4 orang, cita cita sebagai Selebgram berjumlah 4 orang, cita cita sebagai TNI berjumlah 2 orang, cita cita sebagai Chef berjumlah 1 orang. Tujuan dari survey ini adalah untuk mengetahui orientasi siswa terhadap cita-cita di era digital native. Hasil dari studi survey ini menjadi rujukan guru Bimbingan dan Konseling, untuk melaksanakan layanan orientasi karir sesuai minat di era digital. saran dari temuan ini Guru BK bersama wali kelas atau guru mapel merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi layanan secara kolaboratif dalam rangka memenuhi dimensi dan elemen profil pelajar Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arjanto, P. (2022). Eksistensi Bimbingan dan Konseling karir. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 11–23.

Aryani, F., Sinring, A., Rais, M., & Kasim, S. N. O. (2021). Informasi Layanan Karir di Era Digital 4.0 bagi Guru BK SMK. Pengabdi, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.21646

Atika, A., & Hastiani. (2022). Penerapan Solution-Focus Brief Counseling ( Sfbc ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama pada Mahasiswa. Nusantara of Research, 9(2), 125–136. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor%0APENERAPAN

Azzahra, F. K., Muti’ah, T., & Budiarto, S. (2022). Kontrol Diri Dalam Media Sosial Ditinjau dari Etika Digital. Jurnal Spirits, 12(2), 62–67. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12812

Creswell. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methode Approaches (fourth edi). SAGE Publications.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Notes and Queries, s4-I(25), 577. https://doi.org/10.1093/nq/s4-I.25.577-c

Fajriatul Hidayah, Ramadhana, M. R., Mutiara, T., & Purnamasari, N. (2022). Panduan Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek.

Fattah Hanurawan. (2012). Teaching Qualitative Research in Psychology. Using Qualitative Methods in Psychology, 1(2), 89–104. https://doi.org/10.4135/9781452225487.n8

Fauziah, F., Iswari, M., & Daharnis, D. (2022). … Memasuki Era Society 5.0 [the Role of Guidance and Counseling To Improve Students’Career Maturity Entering the Society 5.0 Era]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary …, 1(1), 11–22. http://alisyraq.pabki.org/index.php/alihtiram/article/view/204%0Ahttps://alisyraq.pabki.org/index.php/alihtiram/article/download/204/82

Ficanysha, Y., & Iswari, M. (2022). Student ’ S Career Planning Stabilization. Literasi Nusantara, 2(2), 614–623.

Hastiani, Atika, A., Rustam, Naser, M. N., & Rahmi, N. (2022). Affirmation Of Student Identity Facing The Challenges Of Islamic Education In The Era of Society 5 . 0. Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 10(2), 399–422.

Hastiani, H., Sugiyo, S., & Purwanto, E. (2014). Guidance And Counseling Teacher And Subject Teacher Collaboration Model Increasing The Interpersonal Communication Skill Of Special Intelligent Students. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/3618%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/download/3618/3226

Hidayati, N., Aziza, S., Hady, N., & Ode, W. (2022). Smart Parenting Pada Era Digital. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(06), 685–688.

Iskandar, & Hastiani. (2022). Panduan Melatih Berpikir Kritis Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJOK) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 300–316.

John W Creswell. (2020). Research design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Kemendikbud, D. G. dan T. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Academia.Edu, 1, 172.

Lambert, V. a., & Lambert, C. E. (2013). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255–256. http://antispam.kmutt.ac.th/index.php/PRIJNR/article/download/5805/5064

Lutfa, A. (2019). Pendidikan Keluarga untuk Menyiapkan Era Society 5.0 Asna. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Mufidah, E. F. (2019). Pengembangan Buku Pop-Up Karier untuk Kesadaran Karier Siswa Sekolah Dasar. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 136–143. https://doi.org/10.21009/insight.082.03

Prof. Dr. H. Imron Arifin, M. P., Dr. Hj. Maisyaroh, M. P., & Maulana Amirul Adha, M. P. (2020). Studi Penelitian Kuantitatif Karir Ideal Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0.pdf. In Universitas Negeri Malang (pp. 1–166).

Richma Hidayati. (2005). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling. GUSJIGANG (FKIP Universitas Muria Kudus,2005), h.3, Vol. 1(1), 6. https://media.neliti.com/media/publications/107128-ID-layanan-informasi-karir-membantu-peserta.pdf

Risnawaty, W., & Monika. (2021). Gambaran Pengasuhan Anak Di Era Digital. In SERINA IV UNTAR 2022 (Issue 2015, p. 1). http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11478

Rohmah, U. (2018). Bimbingan Karir untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 262. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.473

Sariputri, V. T., & Nawangsih, E. (2018). Hubungan antara Self Awareness dengan Kematangan Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Teknik Pertambangan Universitas “ X .” Prosiding Psikologi, 943–949.

Suryahadikusumah, A. R., Kurniasari, K., Ferdiansyah, M., Purnamasari, S., Arizona, A., & Surtiyoni, E. (2019). Mempersiapkan Karir Siswa Di Era Digital Melalui Pemahaman Tipologi Kepribadian Dan Dunia Kerja. Dinamika Journal : Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.20884/1.dj.2019.1.1.599

Syarif, K. (2012). Bimbingan Karir di Sekolah Dasar. In Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 8).

Tita Rosita, Rima Irmayanti, dan H. H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 03(01), 199–205.

Wahyudi, I., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Analisis Terhadap Holland Theory Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1880–1890. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/668

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Fitriani, Hastiani, Hendra, S., & Yusril. (2023). Profil Orientasi Karir siswa SD Terhadap cita-cita di era digital native. Jurnal Spirits, 13(2), 43–52. https://doi.org/10.30738/spirits.v13i2.15039

Citation Check