Kemampuan publlic speaking pada mahasiswa program Kampus Mengajar

Authors

  • Kintania Sura Hapsari Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Titik Muti'ah Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Rini Eka Sari Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v13i2.15311

Keywords:

kampus mengajar, public speaking, students

Abstract

Progam Kampus Mengajar merupakan progam kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Jenderal Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi pada siswa, Adaptasi Teknologi dan Administrasi Sekolah baik jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa di dalamnya. Keterlibatan tersebut tentunya membutuhkan kemampuan public speaking mahasiswa di dalam nya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan dan juga wawancara. Sedangkan Pendekatan dalam penelitiaan ini menggunakan pendekatan studi kasus. Jumlah subjek penelitian ini berjumlah 3 orang mahasiswa peserta progam Kampus Mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Progam Kampus Mengajar angkatan 2 di SMPN 3 Samigaluh. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa Progam Kampus Mengajar yang menitikberatkan pada aspek kebahasaan yang terdiri dari pilihan kata, ketepatan ucapan juga sasaran pembicaraan serta aspek non kebahasaan yang terdiri dari sikap, mimik wajah, kenyaringan suara, kelancaran suara, kelancaran kata dan juga penguasaan topik. Dari kedua aspek tersebut, kemampuan public speaking mahasiswa progam Kampus Mengajar dapat dikatakan tidak seimbang karena beberapa indikator dari masing-masing aspek tidak terpenuhi sepenuhnya. Selain ditinjau dari segi aspek, peneliti juga menemukan faktor eksternal seperti pergaulan dan faktor internal seperti jenis pita suara yang ikut mempengaruhi Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Progam Kampus Mengajar SMPN 3 Samigaluh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N., Rosyida. 2021. Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Surabaya : UMS

Burhanudin, M., Aan & Syathori.,A. (2017). Peningkatan Public Speaking Mahasiswa Jurusan KPI : Upaya Mencetak Da’i Yang Rahmatallil’alamin. Jurnal Dakwa dan Komunikasi, l0(1), l-2l. https://syekhnurjati.ac.id

Dhevi & Rini. (2020). Pelaksanaan Progam Kampus Mengajar Perintis pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi covid l9. Jurnal ilmiah kependidikan 2(I),42-49. https://uniflor.ac.id

Kemendikbud. 2020.Merdeka Belajar : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jakarta : Kemendikbud

Malyana. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(l), 67-76. https://core.ac.uk

Undang-undang Republik Indonesia No 12 Pasal 14 tahun 2012

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 3 Tahun 2020

Rahmadani, N., Dwi, Ekawarna & Wahyuni, Anny.(2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Public Speaking Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Jurnal komunikasi, 2(2), 22-33 https://respository.unja.ac.id

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Hapsari, . K. S., Muti’ah, T., & Sari, R. E. (2023). Kemampuan publlic speaking pada mahasiswa program Kampus Mengajar. Jurnal Spirits, 13(2), 53–57. https://doi.org/10.30738/spirits.v13i2.15311

Citation Check