Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
DOI:
https://doi.org/10.30738/spirits.v10i1.6536Abstract
Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini berjumlah 96 mahasiswa Universitas Paramadina Jakarta. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi. Hasil menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,223. Dari uji t diketahui signifikansi koefisien regresi kemandirian belajar sebesar 5.195 (p<0,005). Artinya kemandirian belajar memberi pengaruh signifikan terhadap pemanfaatan internet sebagai sumber belajar.
Â
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar
References
Andriany, D. (2006). Penggunaan internet oleh mahasiswa (Studi kasus: mahasiswa FMIPA IPB angkatan 38-41). Skripsi. Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor.
Anshori, I & Mu’adz. (2007). Penggunaan internet sebagai sumber belajar mahasiswa. Laporan Penelitian Dosen Muda. Surabaya: Fakultas Tarbiyah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Asih, D.A.P (2012). Pola perilaku pencarian informasi melalui internet. Skripsi. Banten: Konsentrasi Humas Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Bates, A. W. (2005). Technology, e-learning, and distance education. London: Routledge
Boyer, N & Kelly, M. (2005). Breaking the institutional mold: blended instruction, belf-direction, and multi-level adult education. International Journal of Self-Directed Learning. 2, (1), 1-16.
Brockett, R. G & Hiemstra, R. (1991). Self-direction in adult learning: perspectives on theory, research, and practice. New York: Routledge.
Bruner, J.S. (1966). The process of education: towards a theory of instruction. Cambridge, Mass: Harvard University Press.
Buente, B & Robbin, A. (2008). Trends in internet information behavior, 2000-2004. Journal of the American Society for Information Science.59, (11), 1743-1760.
Candy, P. C. (2004). Linking thinking-self-directed learning in the digital age. Canberra City, Australian Government: Department of Education, Science and Training.
Chee, T.S., Divaharan, S., Tan, L & Mun, C.H. (2011). ICT: Theory, practice and assessment self-directed learning. Singapore: Ministry of Education Technology Division.
Derrick, G., Ponton, M & Carr, P., (2005). A preliminary analysis of learner autonomy in online and face-to-face settings. International Journal of Self-Directed Learning. 2, (1), 62-70.
Dimyati & Mudjiono. (1994) Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Proyek.
Draves, W. (2002). How the internet will change how we learn. The Seventh Annual Teaching on the Community Colleges Online Conference, May 21-23, 2002. http://www.williamdraves.com/works/internet_change_report.htm. Diunduh 4 Januari 2018.
Guglielmino, L.M. (1991). Expanding your readiness for self directed learning. Don Mills, Ontario: Organization Design and Development Inc.
Hamalik, U. (1989). Media pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Hargis, J., (2002). The self-regulated learner advantage: learning science on the Internet. http:/www.jhargis.com/. Diunduh 8 Juli 2018.
Haryono, A. (2001). Belajar mandiri: konsep dan penerapannya dalam sistem pendidikan dan pelatihan terbuka jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 2, (2), 137-161.
Ito, M., Bittanti, H.H.M & Boyd., (2008). Living and learning with new media: summary of findings from the digital youth project. Chicago, Illinois: The MacArthur Foundation.
Hidayati, K & Listyani, E. (2008). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 14, Nomor 1, 84-99
Katz, E., Blumler, G. J & Gurevitch, M. (1974). Uses and gratifications research, Public Opinion Quarterly. 37 (4), 509-523.
Katz, E., Gurevitch, M & Haas, H., (1973). On the use of the media for important things. American Sociological Review. 38, (2), 164-181.
Kerka, S. (1997). Distance learning, the internet and the world wide Web.(ERIC Digest). http://www.ericdigests.org/1997-1/distance.html. Diunduh 2 Maret 2018
Knowles, M.S. (1975). Self-directed learning. New York: Association Press.
Krikelas, J., (1983). Information-seeking behaviour: patterns and concepts. Drexel Lib. Quart. Spring.
Livingstone., Sonia & Magdalena. (2004). UK children go online: surveying the experiences of young people and their parents. London: LSE Research Online.http://eprints.lse.ac.uk/achive.Diunduh 23 Juli 2018.
Long, H. B. (2001). A new era in teaching and learning. Dalam H. B. Long & Associates. Self-Directed Learning and the Information Age. Boynton Beach, FL: Motorola University.
Munawaroh, H. (2009). Media online sebagai sumber belajar di kalangan mahasiswa. Skripsi. Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Metzger, M.J., Pfalangin, L &Zwarun. (2002). College sudent web use, perception of information credibility and verivication behavior. www.elvisier.com/locakte/compedu. Diunduh, 4 Januari 2018.
Mocker, D. W & Spear, G. E. (1982). Lifelong learning:formal, nonformal, informal, and self-directed. Colombus, Ohio: The National Center for Reseach in Vocational Education The Ohio State University.
Mok, M.C.M & Lung, C.L. (2005). Developing self-directed learning in student teachers. International Journal of Self-Directed Learning. 2,(1), 16-39.
Nor, I.A. (2009). Sumber belajar. Jakarta: PT Pustaka Rajawali..
Novianto, I. (2013). Perilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa, Open Journal Unair, 2, (1), 1-40.
Moris, M & Ogan, C. (1996). The internet as mass medium. http://www.ascuse. org/jeme/vol11/issue4/moris.html. Diunduh 8 Agustus 2018
Papacharissi, Z & Rubin, M. A. (2000). Predictors of internet use, Journal of Broadcasting & Electronic Media. 44, (2), 175-196.
Percival, F & Henry, E. (1984). Teknologi pendidikan. Alih bahasa: Sudjarwo, S. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Purbo, O.W., (2001). Masyarakat pengguna internet di Indonesia.http://www.geocities.com/inrecent/project.html.Diunduh 8 Juni 2018.
Rosni dan Utami, S. (2009). Fasilitas internet sebagai sumber belajar mahasiswa pendidikan geografi. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Sanjaya., (1995). Internet sumber informasi penting bagi profesional. Elektro Indonesia. Nomor 3, Tahun I, Januari 1995.
Tahar, I & Enceng. (2006). Hubungan kemandirian Belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 7, (2), 91-101.
Tafiardi., (2005). Meningkatkan mutu pendidikan melalui e-learning. Jurnal Pendidikan Penabur. No.04/ Th.IV/ Juli 2005.
Teeler, D & Pete, G. (2000). How to use the internet in ELT. Jeremy Harmer (ed). England: Longman.
Tinio, V.L. (2004). ICT in education. New York: United Nations Development Programme-Asia Pacific Development Information Programme.
Tung, K.Y. (2000). Pendidikan dan riset di internet. Jakarta: Dinastindo.
Wahid, F. (2005). Peran teknologi informasi dalam modernisasi pendidikan bangsa. Media Informatika, 3, (1), 61-68
Wahyono, S.B. (2003). Mobilitas mahasiswa teknologi pendidikan mencari sumber belajar dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Yogyakarta.
Wolters, C.A., Pintrich, P.R & Karabenick, S.A. (2003). Assesing academic self-regulated learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends.