Persepsi Pola Asuh Demokratis Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Inklusi di Taman Dewasa Ibu Pawiyatan

Authors

  • Mega Mustika Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Siti Hafsah Budi Argiati Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v8i2.6716

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh demokratis dengan motivasi belajar pada siswa inklusi kelas VII di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa inklusi kelas VII dengan jumlah 76 masing-masing dari tiga kelas yaitu VII A 26, VII B 24, VII C 26 pada SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala. Model penyusunan skala yang dipakai menggunakan model likert dan skala summated rating. Analisis data terdiri dari uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment yang didahului dengan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis korelasi menunjukkan koofisien korelasi r = 0,612 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara motivasi belajar dengan persepsi pola asuh demokratis diterima. Koofisien determinasi rsqueare = 0,375 dengan signifikansi 5% yang artinya 37,5% persepsi pola asuh demokratis siswa mempengaruhi motivasi belajar siswa dan sisanya 62,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak dapat dikaji dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: persepsi pola asuh demokratis, motivasi belajar

References

Daftar Pustaka

Dalas, Muka, Emosda, dan Ekawarna. (2012). Pola asuh orang tua demokratis, interaksi edukatif, dan motivasi belajar. Tekno-Pedagogi. 2(1). 22-31.

Djamarah, Syaful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak). Jakarta: Rineka Cipta.

___________________. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fan, W., & Williams, C. M. (2010). The effects of parental involvement on students’ academic selfâ€efficacy, engagement and intrinsic motivation. Educational Psychology, 30(1), 53–74.

Gunarsa, Singgih. (2002). PSikologi Perkembngan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hamdu, G, Agustina. L. (2011) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1).90-96

Hedyanti, Widya Nova, Sudarmianti, dan Sugeng Utaya. (2016). Pengaruh pola asuh oang tua terhadap pretas belajar IPS melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas IV, V, VI Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 1(5). 865-873.

Hurlock, E.B. (1999). Child Development Jilid II, Terjemahan Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Ilahi, M.T. 2013a. Quantum Parenting. Yogyakarta: AR-Ruzz Media Group.

________. 2013b, Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media Group.

Jiwa, I. W., Natajaya, I. N., & Dantes, N. (2014). Kontribusi motivasi belajar, sikap, dan pola asuh orang tua terhadap disiplin siswa dalam belajar pada SMAN 2 Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Mee, C.K, Jano, Z., Hussin, H. (2015). The relationship between motivational factors and mandarin performance in a higher education institution. Asian Social Science.11(17)

Nirwana (2013). Konsep diri, pola asuh orang tua demokratis dan kepercayaan diri siswa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.103

Ratnasari, Indah., & Sugijanto. (2016) hubungan antara motivasi berprestasi siswa dan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial kelas iii sd negeri se-gugus 3 kecamatan Prambanan." Trihayu, 2(3). 387-391.

DOI: http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.749

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian anak di kelompok A paud IT bina iman kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 23-32. doi:https://doi.org/10.33369/jip.2.1.23-32

Shochib, M (2000). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sobur, A. (2011). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Turner, A. E, Chandler, M, Heffer, R.W. (2009). The Influence of Parenting Styles, Achievement Motivation, and Self-Effivavy on Academic Performance in College Students. Journal of College Student Development. 50(3), 337-346.

Tridhonanto, Al. (2014). Pengembangan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Uno, H.B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widowati, S. Nurcahyani Desy. (2013). Hubungan antara pola asuh orang tua, motivasi belajar, kedewasaan, dan kedisiplinan siswa dengan pretasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri Sidoharjo. Jurnal Penelitian. 3(2).

Published

2018-05-20

Issue

Section

Artikel