Interaksi Sosial dengan Burnout Pada Karyawan PT. Dasar Karya Utama

Authors

  • Siti Nuur Aziah Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Flora Grace Putrianti Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v8i2.6717

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Apakah ada hubungan antara interaksi sosial dengan burnout pada karyawan PT. Dasar Karya Utama, Magelang. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara interaksil sosial dengan burnout pada karyawan PT. Dasar Karya Utama, Magelang, semakin tinggi interaksi sosial maka akan semakin rendah burnout. sebaliknya, semakin rendah interaksi sosial maka semakin tinggi burnout.  Subjek penelitian ini adalah karyawan PT. Dasar Karya Utama, Magelang sebanyak 93 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala Interaksi Sosial dengan burnout. Analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program statistik SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisis korelasi Product Moment antara variabel interaksi sosial dengan burnout yaitu -0,229 dengan p = 0,014 (p < 0,05). Dari hasil di atas menunjukkan bahwa korelasi signifikan. Artinya hipotesis diterima karena, terdapat hubungan yang negatif yang signifikan antara interaksi sosial dengan burnout. Artinya semakin tinggi interaksi sosial maka semakin rendah burnout. Sebaliknya, semakin rendah interaksi sosial maka semakin tinggi burnout.

 

Kata kunci : burnout, interaksi social, karyawan

References

DAFTAR PUSTAKA

Butar-Butar., Inra, R,T. (2015) Hubungan Antara Burnout dengan Prestasi Kerja Insurance Agentis Prudental Cabang Kantor Graha Prestasi. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan.

Diaz, Ramon dan Zulkaida, Anita. (2009). Hubungan antara burnout dengan motivasi berprestasi akademis pada mahasiswa yang bekerja. Jurnal Penelitian Psikologi. 14(1). Depok: Universitas Gunadarma Fakultas Psikologi.

Habibah, D. Y., & Lubis, R. (2015). Hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan burnout syndrome pada karyawan PT. Surya Alam Permaidi Palembang. Psikologia, 10(3), 77-85.

Hardiyanti, R. (2013). Burnout ditinjau dari Big Five Factors Personality pada karyawan Kantor Pos Pusat Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 343 – 360.

doi:https://doi.org/10.22219/jipt.v1i2.1587

Hasnawiyah. (2016). Kajian interaksi sosial antara pemimpin dengan karyawan pada toko buku gramedia Samarinda. eJournal Sosiatri-Sosiologi.

Hayati, Isra & Suci Fitria. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan pada BMT EL-Munawar Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam. Sumatera Utara: universitas Muhamadiyah Sumatera Utara.

Ivancevich, J.M, dkk. (2006). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Kreitner, Robert & Angelo Kinichi. (2004). Organization behavior. VI edition. New york: The McGraw-Hill Companies Inc.

Labiib, Akhmad. (2013) Analisis hubungan dukungan sosial dari rekan kerja dan atasan dengan tingkat Burnout Pada perawat rumah sakit. Jurnal kesehatan mental. 2(1). Diponegoro.

Maharani, Puspa, Ayu. (2012). Kejenuhan kerja (burnout) dengan kinerja perawat dalam pemberian asuhan keperawatan. Jurnal STIKES, 5(2).

Mizmir. (2011). Hubungan burnout dengan kepuasan kerja pustakawan di pusat jasa perpustakaan dan informasi perpustakaan nasional republik indonesia. Skipsi: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Studi Ilmu Perpustakaan, Depok.

Mutiasri, Eka dan Imam Ghozali. (2006). Antesedan dan Konsekuensi Burnout pada Auditor: Pengembangan Terhadap Role Stress Model. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Pratiwi, Anggrainy Ratna. (2016). Hubungan antara interaksi sosial sesame rekan kerja dengan kinerja karyawan di Rumah Sakit Umum Kalisari Batang. Skripsi. Surakarta: publikasi Batang.

Saputra, Ahmad Fauzi Insan dan Susatyo Yuwono. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Karyawan CV. Ina Karya Jaya Klaten. Naskah Publikasi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Psikologi UNS.

Satriyo, Moch & Survival. (2014). Stress kerja terhadap Burnout serta implikasinya pada kinerja. Jurnal manajemen dan akuntansi. 3(2). Malang: Universitas Widyagama Malang.

Serafino, Edward P. (2002). Heath Psychology: Biopsychososial Interaction. IV edition. New York: John Willey & sons, Iic.

Tawale. E.N, Widjajaning Budi.,Gartinia Nurcholis. (2011). Hubungan antara motivasi kerja perawat dengan kecenderungan mengalami burnout pada perawat di RSUD Serui–Papua. Jurnal Insan Media Psikologi.. 13(2).

Published

2018-05-20

Issue

Section

Artikel