Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasis multiple intellegence

Authors

  • Deni Sulistiyanto Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Titik Muti’ah Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Titisa Ballerina Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v10i2.8226

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis Multiple Intelligence terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Bambanglipuro. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan motivasi belajar siswa yang kurang baik di SMA Negeri 1 Bambanglipuro. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuasi-eksperimen. Metode pengambilan data menggunakan alat ukur skala motivasi belajar. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran berbasis multiple intelligence sebanyak tiga kali. Teknik pengambilan sampling menggunakan nonprobability sampling dengan purposive samping. Data dianalisis dengan Mann Whitney. Jumlah subjek penelitian ada 23 siswa pada kelompok eksperimen dan 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multiple intelligence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Bambanglipuro. Analisis data menunjukan nilai Z= -3,251 dan p= 0,001 (p<0,05), kelompok eksperimen= 8,96 dan  kelompok kontrol= -0,57. Hasil penelitian didukung dengan hasil wawancara kepada guru yang menyatakan bahwa terjadi perubahan motivasi belajar dari kelompok eksperimen.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Multiple Intelligence, SMA

References

Daftar Pustaka

Ansar. (2017). Pengaruh Aktivitas Scene Setting terhadap Motivas Belajarsiswa Pada Pelajaran IPA Terpadu di Kelas Viimts Madani Alauddin Pao-Pao. Skripsi. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.

Asmila, L. A. (2015). Pengaruh Strategi Genius Learning Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Benjeng, Gresik pada Materi Getaran dan Gelombang. PENDIDIKAN SAINS, 3(2), 1-6.

Azizah, E.V. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kesiapan Kerja Siswa yang Telah Mengikuti Praktek Kerja Industri Pada Siswa Kelas XII Jurusan Tata Boga Di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. http://eprints.uny.ac.id/ Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Fatma, A.N., Damopili, M. dan Afif, A. (2017). Pengaruh Pengondisian Gelombang Otak Zona Alfa Pada Apersepsi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Man 3 Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan, 20(2), 134-149.

Hapnita, W. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Jurnal Cived Jurusan Teknik Sipil, 5(1), 2175-2182.

Khumaeroh, S. (2017). Problematika Pendidikan di Indonesia. Diakses dari https://www.kompasiana.com/fkryh710/593b7e1e894eb1273e5962a2/problematika-dunia-pendidikan-di-indonesia?page=all tanggal 7 Oktober 2019.

Pebruanti, L., dan Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di SMK N 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (3), 365-376.

Risnawati, A.A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Multiple Intelligence terhadap Motivasi Dan Kemampuan Kognitif Siswa MTs Nurul Muslim Mindahan Jepara Materi Lingkaran Kelas VIII Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. eprints.walisongo.ac.id. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Rizqi, A.A., Yusmansyah, Mayasari, S. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi. Jurnal FKIP Universitas Lampung. 1(1), 1-15.

Septiana, K.G., Ikhsan, J. (2017). Pengaruh Penerapan Multiple Intelligences dengan Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5 (1), 43-52.

Wahyuni, S. (2014). Pengaruh Pelaksanaan Apersepsi Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Skripsi. http://repository.uin-suska.ac.id/5392/. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Downloads

How to Cite

Sulistiyanto, D., Muti’ah, T., & Ballerina, T. (2020). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasis multiple intellegence. Jurnal Spirits, 10(2), 35–45. https://doi.org/10.30738/spirits.v10i2.8226

Citation Check