Sekolahku bukan pilihanku

Authors

  • Aditya Dedy Nugraha UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/spirits.v11i1.8531

Abstract

Sistem zonasi dirancang Kementerian Pendidikan agar penerimaan siswa didik baru merata, lebih terbuka, mengurangi diskriminasi dan meningkatkan kemudahan akses bagi semua siswa. Mekanisme yang telah dilaksanakan sejak 2017 ini, setiap tahun selalu menjadi sorotan. Pelaksanaan baik maupun secara daring maupun luring memunculkan celah kekhawatiran dan ketidakpuasan terhadap sistem penerimaan yang ada. Tidak jarang siswa yang berprestasi tidak bisa diterima di sekolah pilihannya akibat dampak sistem ini. Perasaan kecewa, sedih dan permasalahan psikologis yang dialami siswa akibat gagal masuk sekolah impiannya sering kali kurang mendapat penangan dari sekolah ataupun dinas terkait. Tujuan dari penelitian ini guna mengungkap bagaimana dinamika psikologis dan proses penerimaan diri (self acceptance) siswa yang belum berhasil masuk sekolah impiannya.  Pengumpulan data menggunakan metode  wawancara secara mendalam (indepth interview) terhadap subjek utama penelitian yaitu dua orang siswa serta beberapa significant others yang dapat memperkaya data penelitian. Analisis data menggunakan metode analisis isi didalam pendekatan kualitatif. Hasilnya menujukkan bahwa proses penerimaan diri pada siswa ini, membutuhkan dukungan dari orang tua dan teman sebaya. Peneliti berharap agar peneliti selanjutnya untuk memperluas ranah penelitian sampai dengan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa tersebut.

Kata kunci ; Penerimaan diri, zonasi, psikologi, pendidikan

Author Biography

Aditya Dedy Nugraha, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Department of Psychology, Faculty of Social sciences and Humanities State Islamic University

References

Andina, E. (2017). Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial Puslit Badan Keahlian DPR, IX(14), 9–12. www. puslit.dpr.go.id

Gamayanti, W. (2016). Gambaran Penerimaan Diri (Self-Acceptance) pada Orang yang Mengalami Skizofrenia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 139–152. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1100

Hadyani, I. A., & Indriana, Y. (2017). PROSES PENERIMAAN DIRI TERHADAP PERCERAIAN ORANGTUA†The Process of Self Acceptance of Parental Divorce (Sebuah Studi Kualitatif dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis). Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 6(3), 303–312.

Hurlock, B., E. (1995). Perkembangan Anak (A. Dharma (ed.); 4th ed.). Erlangga.

Jayakartanews.com. (n.d.). Banyak Masalah PPDB 2020, KPAI Desak Evaluasi Pelaksanaan Sistem Zonasi. https://jayakartanews.com/banyak-masalah-ppdb-2020-kpai-desak-evaluasi-pelaksanaan-sistem-zonasi/

Lail, A. H., Tasmin, & Darwati, Y. (2017). Penerimaan Diri Remaja Dengan Orang Tua Tunggal. Happiness, 1(2), 75–87.

Mendikbud. (2017). Kemendikbud: Sistem Zonasi Mempercepat Pemerataan di Sektor Pendidikan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/kemendikbud-sistem-zonasi-mempercepat-pemerataan-di-sektor-pendidikan#:~:text=Adapun beberapa tujuan dari sistem,membantu analisis perhitungan kebutuhan dan

Nugraha, A. D. (2012). PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN MANAJEMEN PERILAKU KOGNITIF TERHADAP PENERIMAAN DIRI PENYANDANG TUNA DAKSA DI BBRSBD SURAKARTA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhasyanah. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Diri Pada Wanita Infertilitas. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 143–152.

Palila, S. (2017). Kebermaknaan Hidup Individu Yang Pernah Mengalami Kekerasan Pada Masa Anak ( Child Abuse ). 5.

Papalia, D. W., & Feldman, R. D. (2009). (2009). Human Development Perkembangan Manusia.

Pratitis, A. H., & Hendriani, W. (2013). Proses Penerimaan Diri Perempuan Dewasa Awal yang Mengalami Kekerasan Seksual pada Masa Anak-Anak. Jurnal Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 71–78.

Sutisna, N. T., & Nurhadi Nurhadi. (2020). Penyesuaian Diri Peserta Didik Pasca Penerapan Sistem Zonasi di SMA Negeri 1 Kartasura. IJSED (International Journal of Sociology Education and Development), 2(1), 35–48.

Wahyuni, D. (2019). Permasalahan dan Upaya Perbaikan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru 2019. Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial Puslit Badan Keahlian DPR RI, 9(13), 13–18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XI-13-I-P3DI-Juli-2019-218.pdf

Downloads

Published

2011-11-01