Archives

  • Volume 13 no 2 , Mei 2023
    Vol. 13 No. 2 (2023)

  • Problematika Remaja dalam Ragam Identitas
    Vol. 10 No. 2 (2020)

    Salam & Bahagia,

    Jurnal Spirits merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal ini membawa spirits tumbuhnya ide dan gagasan-gagasan baru tentang pengetahuan psikologi utamanya berbasis pada kebudayaan sendiri. Jurnal Spirits Volume 10 No. 2 Mei 2020 menghadirkan enam artikel ilmiah penelitian psikologi.

    Pada volume ini dihadirkan topik utama tentang Problematika Remaja dalam Ragam Identitas. Topic tersebut antara lain dinamika psikologis kecemasan dan depresi yang dialami, siswa terkait problematika motivasi belajarnya, sebagai santri terkait problematika koping religius, remaja dalam problematika kesehatan reproduksi serta kecenderungan depresi remaja dengan tinjauan pola kepribadian.

    Artikel indigenous yang dihadirkan kali ini, yaitu tentang konservasi wisata alam berbasis kearifan lokal. Artikel ini menelisik konservasi berbasis kearifan lokal yaitu dengan ritual di pundhen, menjaga kelestarian hutan adat, menerapkan falsafah Jawa Memayu Hayuning Bawana, menerapkan nilai-nilai gotong royong, guyup rukun, dan musyawarah. Menurut peneliti,  dampak yang dirasakan sangat positif yaitu  berupa kelestarian hutan, terjaganya pohon dan tanaman langka, munculnya kesadaran dan kepedulian lingkungan meningkat, keguyup-rukunan antarwarga terjaga, perekonomian warga meningkat, adanya perasaan senang.

    Terakhir, terdapat artikel yang akan mengelaborasi tentang pengembangan alat ukur psikologi.  Pengukuran terhadap ketangguhan atau grit penting dilakukan guna memberikan informasi mengenai kecenderungan ketangguhan yang dimiliki oleh masyarakat untuk mencapai tujuannya. Penelitian kali ini bertujuan untuk menyusun skala grit berdasarkan konsep skala pendek grit yang kontekstual dengan masyarakat di Indonesia

    Kami mewakili pengelola jurnal spirits mengucapkan terimakasih kepada para penulis dan mitra bebestari yang telah membantu terbitnya jurnal spirits. Sebagai penutup, kami berharap jurnal spirits mampu berkontribusi ada perkembangan ilmu psikologi di Indonesia.

  • Konflik & Kesejahteraan Psikologis
    Vol. 10 No. 1 (2019)

    Salam & Bahagia, Jurnal Spirits merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal ini membawa spirits tumbuhnya ide dan gagasan-gagasan baru tentang pengetahuan psikologi utamanya berbasis pada kebudayaan sendiri. Sama seperti terbitan sebelumnya, Jurnal Spirits Volume 10 No 1 2019 menghadirkan enam artikel ilmiah penelitian psikologi. Selain  itu jurnal Spirits juga konsisten menghadirkan aartikel penelitian yang berbasis lokal indigenous. Pada volume ini dihadirkan dua artikel bernuansa indigenous, artikel pertama mengupas tentang dinamika psikologis perempuan nyerod (turun kasta) di Bali. Artikel selanjutnya mengupas tentang kesejahteraan psikologis keluarga penyintas bunuh diri di gunung kidul. Dimana peneliti mendalami konsep psikologi digulung digelaryang diyakini keluarga untuk memperthankan kesejahteraan psikologis keluarga. Empat artikel berikutnya mengupas tentang kebersyukuran, stress kerja dan pendidikan anak. Kami mewakili pengelola jurnal spirtis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada para penulis dan mitra bebestari yangtelah membantu terbitnya jurnal spirits. Sebagai penutup, kami berharap jurnal spirits mampu berkontribusi ada perkembangan ilmu psikologi di Indonesia, utamanya pada munculnya kajian-kajian indigenous.
    selamat membaca!
    Editorial Board
  • Relasi Sosial: Dampak & Pengaruhnya Pada Kualitas Hidup Manusia
    Vol. 9 No. 2 (2019)

    Salam & Bahagia,

    Jurnal Spirits merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal ini membawa spirits tumbuhnya ide dan gagasan-gagasan baru tentang pengetahuan psikologi utamanya berbasis pada kebudayaan sendiri. Secara khusus Jurnal Spirits Volume 9 No 2 adalah hasil perbaikan kualitas editorial dan publikasi. semoga upaya peningkatan ini juga dirasakan oleh para pembaca.

    Volume 9 No 2 menghadirkan topik tentang "Relasi Sosial", menyoal hubungan individu dengan kelompoknya,pengaruh & dampaknya pada kualitass hidup individu. Artikel pertama mendiskusikan tentang dinamika psikologi interdependensi perempuan simpanan pada pasanganya. Secara khusus artikel ini mengupas tentang faktor-faktor yang mendasari kelekatan perempuan simpanan pada pasangan. Peneliti berkesimpulan Interdepensi tersebut muncul pada aspek  psikologis (ikatan emosional), dan seksualitas. 

    Artikel selanjutnya, mengupas tentang kohesifitas kelompok dan komitmen anggota. Menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling berupa proportionate stratified random sampling, peneli menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kohesivitas kelompok dengan komitmen organisasi pada anggota unit kegiatan mahasiswa.

    Selanjutnya, pembaca kami ajak untuk menelaah secara kritis tentang isu pekerja outsorching melalui studi fenomenologi kualitas hidup pekerja outsourching. Artikel ini memberikan sinyal kepada perusahaan, tentang kemunculan afek-afek negatif yang dominan dirasakan pekerja outsourching. Perlu upaya serius bagi perusahaan untuk memperkuat kesejahteraan dan ualitas hidup pekerja outsourching.

    Pada volume ini jurnal spirits menghadirkan  artikel penelitian yang mengupas aspek psikologi penganut kepercayaan Sapta Dharma. Secara tajam artikel ini mengupas tentang gambaran mengenai bagaimana spiritual well-being penganut aliran kepercayaan Sapta Dharma dalam menjalani hidupnya sebagai penghayat. Artikel ini merupakan komitmen jurnal spirits untuk mengarusutamakan kajian psikologi khasanah nusantara.

    Terakhir, pada edisi kalini ditutup dengan artil penelitian tentang kinerja anggota polri. Tantangan modus operandi kriminalitas pada era globalisasi berkembang semakin canggih pada sisi lain Polri dituntut untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya. Peneliti menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara: Work Life Balance dengan Kinerja anggota Polri; Organizational Citizenship Behavior dengan Kinerja anggota Polri; dan  Work Life Balance & Organizational Citizenship Behaviorterhadap Kinerja anggota Polri.

    Kami mewakili pengelola jurnal spirtis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada para penulis dan mitra bebestari yangtelah membantu terbitnya jurnal spirits. Sebagai penutup, kami berharap jurnal spirits mampu berkontribusi ada perkembangan ilmu psikologi di Indonesia, utamanya pada munculnya kajian-kajian indigenous.

    selamat membaca!

     

    Editorial Board,

  • Well-Being & Konteksnya
    Vol. 9 No. 1 (2018)

    Salam & Bahagia Jurnal Spirits merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal spirits mengusung semangat tumbuhnya ide dan gagasan baru tentang pengetahuan psikologi, utamanya berbasis pada kebudayaan sendiri.

    Jurnal Spirits Volume 9 No 1 menghadirkan enam artikel penelitian, membincangkan isu-isu yang berkaitan dengan kajian well-being dan konteksnya:tentang kesejahteraan psikologis di tempat kerja. artikel yang dihadirkan kali ini adalah Gaya kepemimpinan dan quality of worklife; subjektif wellbeing pada ibu tunggal yang bekerja sebagai PNS; gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada efektivitas organisasi; kepuasan kerja dan kaitanya work engagement; workplace bullying dan komunikasi interpersonal dengan kepuasan.

    Dua artikel tentang gaya kepemimpinan menemukan gaya kepemimpinan memiliki dampak pada quality of worklife dan efektivitas organisasi.  Artikel selanjutnya mengupas tentang Pemaafan dan coping proaktif berperan positif dan signifikan terhadap kesejahteraan subjektif ibu tunggal karena perceraian yang bekerja sebagai PNS. Perihal kepuasan kerja, dua penelitian dalam volume ini menunjukan keterkaitanya dengan workplace bullying, komunikasi interpersonal dan work engagement .

    Satu artikel menguliti tentang kesejahteraan psikologis abdi dalem punakawan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kehadiran artikel penelitian ini adalah komitmen jurnal spirits untuk memposisikan kajian nusantara pada diskursus psikologi. Artikel ini memberikan informasi nuansa budaya Jawa yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis para abdi dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

    Kami mewakili pengelola jurnal spirtis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada para penulis dan mitra bebestari yang telah membantu terbitnya jurnal spirits. Sebagai penutup, kami berharap jurnal spirits mampu berkontribusi ada perkembangan ilmu psikologi di Indonesia, utamanya pada munculnya kajian psikologi nuansa Nusantara.

    Please, enjoy the read!

    salam,