Vol 10, No 2 (2020)

Problematika Remaja dalam Ragam Identitas

DOI: http://dx.doi.org/10.30738/spirits.v10i2

Salam & Bahagia,

Jurnal Spirits merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal ini membawa spirits tumbuhnya ide dan gagasan-gagasan baru tentang pengetahuan psikologi utamanya berbasis pada kebudayaan sendiri. Jurnal Spirits Volume 10 No. 2 Mei 2020 menghadirkan enam artikel ilmiah penelitian psikologi.

Pada volume ini dihadirkan topik utama tentang Problematika Remaja dalam Ragam Identitas. Topic tersebut antara lain dinamika psikologis kecemasan dan depresi yang dialami, siswa terkait problematika motivasi belajarnya, sebagai santri terkait problematika koping religius, remaja dalam problematika kesehatan reproduksi serta kecenderungan depresi remaja dengan tinjauan pola kepribadian.

Artikel indigenous yang dihadirkan kali ini, yaitu tentang konservasi wisata alam berbasis kearifan lokal. Artikel ini menelisik konservasi berbasis kearifan lokal yaitu dengan ritual di pundhen, menjaga kelestarian hutan adat, menerapkan falsafah Jawa Memayu Hayuning Bawana, menerapkan nilai-nilai gotong royong, guyup rukun, dan musyawarah. Menurut peneliti,  dampak yang dirasakan sangat positif yaitu  berupa kelestarian hutan, terjaganya pohon dan tanaman langka, munculnya kesadaran dan kepedulian lingkungan meningkat, keguyup-rukunan antarwarga terjaga, perekonomian warga meningkat, adanya perasaan senang.

Terakhir, terdapat artikel yang akan mengelaborasi tentang pengembangan alat ukur psikologi.  Pengukuran terhadap ketangguhan atau grit penting dilakukan guna memberikan informasi mengenai kecenderungan ketangguhan yang dimiliki oleh masyarakat untuk mencapai tujuannya. Penelitian kali ini bertujuan untuk menyusun skala grit berdasarkan konsep skala pendek grit yang kontekstual dengan masyarakat di Indonesia

Kami mewakili pengelola jurnal spirits mengucapkan terimakasih kepada para penulis dan mitra bebestari yang telah membantu terbitnya jurnal spirits. Sebagai penutup, kami berharap jurnal spirits mampu berkontribusi ada perkembangan ilmu psikologi di Indonesia.