Vol. 11 No. 1 (2020): Problematika Psikologis Organisasi Pendidikan dan Kerja

					View Vol. 11 No. 1 (2020): Problematika Psikologis Organisasi Pendidikan dan Kerja

Salam & Bahagia,

Jurnal Spirits merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Spirits Volume 11 No. 1 November 2020 menghadirkan enam artikel ilmiah penelitian psikologi. Pada volume ini dihadirkan topik utama tentang problematika psikologi dalam organisasi, dunia kerja dan pendidikan. Topik – topik dunia kerja dan organisasi antara lain, motivasi kerja dengan gaya kepemimpinan, efikasi diri dan bimbingan karir, serta loyalitas konsumen startup. Sedangkan topik dalam dunia pendidikan antara lain intervensi behavioural berbasis sekolah, subjektif wellbeing, serta efikasi diri.

Pada organisasi Polri, model kepemimpinan kharismatik sangat dibutuhkan untuk memacu motivasi kerja anggota Polri. Satu artikel menunjukan bahwa karakteristik pimpinan yang karismatik mampu meningkatkan motivasi kerja anggota Polri. Arahan yang jelas, kemampuan memetakan resiko tugas dan memberikan motivasi adalah implementasi kepemimipinan yang kharismatik di organisasi Polri.

Fenomena meningkatnya konsumen akan transportasi berbasis online mendapatkan perhatian dari peneliti psikologi. Terdapat satu artikel mengupas tentang pentingnya meningkatkan kepuasan untuk menjaga loyalitas konsumen pada transportasi berbasis online. Kepuasan konsumen akan menghasilkan emosi positif terhadap jasa transportasi online, pada giliranya konsumen akan terus menggunakan jasa tersebut.

Dalam bidang pendidikan satu artikel mengangkat tentang topik penyiapan siswa SMK melalui bimbingan karir agar matang dalam perencanaan karir.  Artikel ini menyebut bahwa peran efikasi diri siswa SMK sangat berpengaruh dalam keberhasilan bimbingan karir siswa SMK.

Kami mewakili pengelola jurnal spirits mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada para penulis dan mitra bebestari yang telah membantu terbitnya jurnal spirits. Sebagai penutup, kami berharap jurnal spirits mampu berkontribusi ada perkembangan ilmu psikologi di Indonesia.

 

selamat membaca!

 

Editorial Board,

Published: 2020-11-20