Teachers’ strategy in growing students’ ethical manners through civic education in class IV SDN Tegalgede 3 Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12116Keywords:
civic education, ethical manner, teacher strategy, pendidikan kewarganegaraan, sopan santun, strategi mengajarAbstract
Education is a process of changing the attitudes and behavior of individuals or groups through learning, teaching, and training efforts to achieve certain goals. This study aims to describe the teachers’ strategy, supporting factors, inhibiting factors, and solutions to overcome obstacles in growing students' ethical manners through Civic education content for Class IV SDN Tegalgede 3 Karanganyar. This research method used a qualitative descriptive method with data sources: the school principal, fourth-grade teachers, and fourth-grade students. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The analysis technique was by reducing the data, presenting the data, and concluding the data. This study indicated that: (1) The teachers’ strategy was to provide habituation of good behavior when learning Civics. (2) Supporting factors for fostering student ethics were class teachers and students (3) Inhibiting factors came from students and class teachers. (4) The solution to overcome the obstacles was that the teacher provided strict rules. Teachers created comfortable and safe learning conditions for students.
References
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, Vol. 13. No. 2
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Djamarah, S.B. (2015). Guru dan Siswa Didik dalam Interaksi Edukatif. Bandung: PT Rineka Cipta.
Djollong, A. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Istiqra'. Vol. 4. No. 2. Parepare: Universitas Muhammadiyah Pare-pare.
Farhatilwardah, dkk. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orangtua dan Kontrol diri. Jurnal Core. Vol.12. No 2.
Gray, T. (2010). Character Education In Schools, Essai. (Vol. 7 Nomor 21). Page 55–61.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Nadziroh, (2017). Implementasi Ajaran Ketamansiswaan Tri-Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) Untuk Menanamkan Budi Pekerti Luhur Dalam Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Taman Cendekia Vol. 1 No. 2 Desember 2017.
Nasution, W.N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Prastiwi, K & Sudigdo, A. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Dongeng dan Cerita Rakyat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Trihayu Vol. 8 No. 2 Tahun 2022
Priska, V.H. (2020). Pentingnya Menanam Karakter Sejak Dini. EduPsycours: Journal of Education, Psychology and counselling. Vol. 2 Nomor 1 Hlm 193-201.
Puspa, D. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SD Negeri 45 Bengkulu. Jurnal Pendidikan. Vol.10 .No. 2
Putri, F.S, dkk. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun Terhadap Karakter Dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. Vol 3. No. 6.
Rizal, S & Abdul M. ((2017). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI. Jurnal Pendidikan MI. Vol.4. No. 1.
Rusdiana, A. & Yeti H. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan: Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sapulette, S. M, dan Amika W. (2016). Peningkatan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Ambon Melalui Pembelajaran Ppkn Dengan Media Cerita Rakyat. Harmoni Sosial. Vol. 3 Nomor 2.
Somantri, M. N. (2014). Menggagas Pembeharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosda Karya dan PPS UPI
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supatono. (2015). Meningkatkan Sopan Santun dan Hasil Belajar Siswa dengan Mengintegrasikan Budi Pekerti Kedalam Pendidikan Kewarganegataan di Kelas III SDN Kranat Sukoharjo 02 Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran. Vol.4. No. 1
Tim Dosen Ketamansiswaan. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan.Yogyakarta: UST Press.
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Wachid Pratomo, Dwi Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).