Analisis kebutuhan pengembangan media Beautiful Card pada pembelajaran Matematika
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA BEAUTIFUL CARD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v6i2.12803Keywords:
analisis kebutuhan, pengembangan media, matematika, needs analysis, media development, mathematicAbstract
The learning carried out by the teacher is still monotonous, and media needs to be used. This research aims to explore the concept of learning addition and subtraction for applying the beautiful card model and to explore initial information about the media used in learning mathematics to develop beautiful card media. This research is qualitative. This research is only limited to needs analysis. The subjects in the study were first-grade students and teachers in several schools in Tasikmadu District. Field studies carried out the data collection technique by distributing a need questionnaire through a google form to several teachers and first-grade students in Tasikmadu District. The results of this study are: 1) In the first grade of elementary school mathematics, the subject of subtraction and addition still looks abstract; 2) The teacher has not used a media for learning, and the teacher only uses the lecture method. The material provided still feels difficult to understand because it is still abstract, so it requires help to understand a concept using learning media.
Keywords: needs analysis; media development; mathematic
References
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351
Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 586–595.
Desi Indriyani, Yanti Fitria, I. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Emilsa, L., & Guslinda, G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Iii Sdn 188 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 101. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7566
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Media Kartu Permainan IPA untuk Perkuliahan IPA Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4356–4362. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1336
Miftahuddin, M., Arofah, F., & Salatiga, I. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 2622–7282. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Qorimah, E. N., Laksono, W. C., & Hidayati, Y. M. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) pada Materi Rantai Makanan. 5(1), 57–63.
Rodliyah, S. A., Rahmawati, N., Sari, E., & Mustangin. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Ditinjau dari Kemampuan Matematis Materi PLSV. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 309–316. https://doi.org/10.30738/union.v9i3.8992
Ruliandita, F., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Kebutuhan Media Kartu Gambar Rumah Adat Pulau Jawa Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. 8(4), 851–859.
Sulthon, S. (2020). Membangun Pemahaman Konsep Dasar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Di Mi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 27. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2457
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Pelajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 44.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trisnani, N., & Puji Utami, W. T. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Widoro. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 422–428. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6398
Umayah, S., Haryani, S., Sumarni, W., & Semarang, U. N. (2013). Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi Sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tema Kehidupan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(2), 282–287.
Utami, R. P. (2017). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Dharma Pendidikan Stkip Pgri Nganjuk, 12(2), 62–81.
Yunaili, H., & Riyanto, R. (2021). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 221–233. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Alfi Aristiyani, Aldila Nur Rohmah, Yulia Maftuhah Hidayati, Anatri Desstya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).