Pengembangan LKPD menggunakan model pedagogi reflektif untuk menumbuhkan karakter empati siswa kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v7i01.14457Keywords:
LKPD, model pedagogi reflektif, karakter empati, empathetic character, reflective pedagogical modelAbstract
This research was motivated using media, namely LKPD, which does not fully support the learning process and the low empathy character of students. This study aims to develop student worksheets using the reflective pedagogical model to grow the empathy character of natural resource material for grade IV elementary school students and to determine its quality. This study uses the ADDIE-type Research and Development (R&D) method. The object of this study is the LKPD using the reflective pedagogical model to grow an empathetic character. The results of this study show that 1) LKPD uses a reflective pedagogical model to grow the empathy character of natural resource material for grade IV elementary school students was developed using ADDIE, namely Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. 2) The quality of LKPD using the reflective pedagogical model to grow the empathy character of natural resource material for grade IV elementary school students gets an average score of 3,69 with very good criteria. LKPD developed using a reflective pedagogical model can grow empathy character. This is proven by the percentage increase of 37% from the limited trial results. Therefore, LKPD using a reflective pedagogical model to grow empathy character can be widely tested.
References
Anafiah, S., Sudigdo, A., & Al Masjid, A. (2022). Sastra Anak: Media Penumbuhan Karakter Kepemimpinan melalui ajaran Tamansiswa Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga). Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(2), 13-21. https://doi.org/10.30738/tc.v6i2.13407
Anjani, K.Y., & Izzati, U. A. (2018). Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Prososial pada SMK Swasta X di Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2), 1-6. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1580737
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Https://Bsnp-Indonesia.Org/Id (diakses tanggal 10 Maret 2022 jam 14.06).
Cicilia, Y., & Vebriyanto, R. (2020). Survei Penilaian LKPD untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Siklus Makhluk Hidup Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 83-94. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i1.617
Dewayani, S. (2018). Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Gularso, D., & Indrianawati, M. (2022). Kenakalan Siswa di Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(1), 18. DOI: 10.30738/tc.v6i1.12205.
Gustiana, M. I., Hanifah, N., & Syahid, A. A. (n.d.). (2020). Model Paradigma Pedagogi Reflektif Sebagai Upaya Inovasi Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Peserta Didik. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.17509/jpi.v3i2.26490
Howe, D. (2015). Empati (Makna dan Pentingya). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ignasius, I., Wibowo, D. C., & Kurniati, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 119-130.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Krismawati, S. (2015). Penggalian Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Pembelajaran Kritik Sastra Berbasis Pedagogi Ignasian. Prosiding Seminar Nasional Pengkajian Bahasa UMS.
Kurniyawati, S. U., Chasanah, U., Ginting, A. H. B. R., Tuhyadi, S. G. S. A., & Istiningsih, I. (2022). Kontribusi Model Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD/MI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 100–120. http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.8842
Maksudin. (2013) Pendidikan Karakter Non Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mukrizal. (2014). Pendidikan Posmodernisme. Yogyakarta: Arruz Media.
Pribadi, B.A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Raharjo, Y. K. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kepemimpinan Berbasis Pedagogi Reflektif untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa SMA. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 11(2), 173-187. http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.7938
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian dan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sari, L., Taufina, T., &Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813-820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Septiani, D., Martini, A., & Akbar, Z. (2020). Studi Literatur Pengembangan Empati Untuk Menghadapi Masyarakat Era 5.0. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17770
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2015). Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Supratiknya, A. (2014). Membaca Pemikiran Driyarkara tentang Pendidikan di Zaman Sekarang. In: Lokakarya Bagi Para Calon Dosen FKIP Dengan Tema “Driyarkara Dan Pendidikan.”
Utaminingsih, R., & Riwanto, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Wonopeti Kulon Progo. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(1), 53-63. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12117
Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat. Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Niken Dwi Sundari, Puji Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).