Pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa Prathom Thailand
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v7i01.14788Keywords:
English, Learning outcomes, Wordwall learning media, Hasil belajar, Bahasa InggrisAbstract
The low learning outcomes of class 1 Prathom Anuban Wangmai Sasanasart School in English material is one of the problems that occurs, this is due to the absence of the use of media in learning. This study aims to describe the application of Wordwall media in improving student learning outcomes in English lessons. This study type is quantitative research with a Pre-Experimental Design approach (Non-design), with a One Group Pretest-Posttest Design. The subjects were the first-grade class of Anuban Wangmai Sasanasart School, Tha Phae District, Satun Province, Thailand. The data acquisition techniques were obtained through a multiple choice test or pretest and posttest. The data analysis used by researchers was in the form of instruments and statistical tests. The research results obtained are (1) learning outcomes after using Wordwall media differ from the learning outcome before using Wordwall media. (2) there is an increase in learning outcomes after using Wordwall media compared to the learning outcome before the implementation. This study concludes that the application of Wordwall media has an impact on improving student learning outcomes. This research recommends that the Anuban Wangmai Sasanasart School teachers probably use Wordwall media in learning English.
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Pengembangan Aplikasi GAmes Edukatif Wordwall sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Arealya, D., Anggrasari, L. A., & Budiarti, M. (2022). Efektivitas Media Wordwall Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 01 Taman Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 475–483.
Coring, F. B., & Nafiah. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.863
Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 Mi Tarbiyatus Sibyan Srono. International Journal of Educational Resources, 01(06).
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Fauzan, Z., S. (2022). Pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VIII MTsN 1 Kota Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.639
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/gjp
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41.
Nadia, D. O., & Desyandri. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 1924–1933.
Najizah, Nur Laila. (2018). Penggunaan Media Abaca Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas IV Di Mi Darul Falah Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. http://repository.iainkudus.ac.id/2665/
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Permana, S. P., & Karisman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.
Puluhulawa, Y. M., Saud, I. W., & Abas, M. I. (2019). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Website Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Gorontalo (Suatu Analisis Kebutuhan). Jurnal ORBITH, 15(3), 103–119.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., Afriliani, F., & Online, G. (2022). BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE WORD WALL. Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 70–77.
Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi Board Games Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19–28. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p19-28
Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur : Media Interaktif Ispring Suite Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7, 123–131.
Risma, Bua, A. T., Kartini, & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 92. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.301
Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. JPTIV (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional ), 4(1), 1–8.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Straus, S. E., Tetroe, J., & Graham, I. D. (2013). Translation in Health Care: Moving from Evidence to Practice. London: BMJ Publishing Group.
Sudrajat, D. (2015). Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran Bahasa InggrisDi Sd Kota Tenggarong. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(1), 13. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.49
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902
Ucus, S. (2017). Exploring Creativity in Social Studies Education for Elementary Grades: Teachers’ Opinions and Interpretations. Journal of Education and Learning, 7(2), 111. https://doi.org/10.5539/jel.v7n2p111
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 104–109. https://doi.org/https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/607
Wahyuni, D., Wati, M., & Ely, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4), 43–53.
Waziana, W., Anggraeni, L., & Sari, N. L. (2016). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ), 7, 22–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Adilah Fauziyah, Yani Fitriyani , Nanan Abdul Manan, Oman Hadiana, Sainab Mong-alee

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).