PENGARUH METODE MORAL REASONING TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v3i1.3333Keywords:
nationalism character, moral reasoning, storytelling.Abstract
References
Apriani, A.N., Sari, I.P., & Suwandi, I.K. 2017. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2).
Apriani, A.N., & Ariyani, Y.D. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Buku Teks KTSP Pkn Kelas 3 SD. Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 4(2).
Ayuni, R.D., Siswati, & Rusnawati P. 2013. Pengaruh Story Telling Terhadap Perilaku Empati Anak. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol 12, Iss 2; pg. 122, pgs 10 diakses tanggal 2 September 2018.
Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Diakses dari cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/ content/download/44 pada tanggal 6 Juni 2019 jam 11. 28.
Borich, G.D. 1994. Observations skills for effective teaching. New York: Macmillan.
Chaplin, J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kohlberg, L. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral, diterjemahkan oleh Drs. John de Santo dan Drs. Agus Cremers SVD. Yogyakarta: Kanisius.
Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responbility. New York: Bantam Books.
Miftahuddin. 2008. Nasionalisme Indonesia: Nasionalisme Pancasila. Vol. 4 number 1, Januari 2008. Diakses di http://journal.uny.ac.id/index.php/ pada tanggal 03 Desember 2018 pukul 11.10 WIB.
Min, Rashid, & Nazri. 2012. Teachers' understanding and practice towards thematic approach in teaching Integrated Living Skills (ILS) in Malaysia. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (23), 273-281. Diakses dari http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_23_December_2012/31.pdf pada tanggal 20 Juli 2018.
Mukino, Edi, & Irawan. 2016. Penerapan Model Moral Reasoning Untuk Membentuk Moralitas Dan Karakter Siswa Pada Pkn. Jurnal Studi Sosial. Vol 4, Iss 1; pg 42, pgs 10 diakses tanggal 25 September 2018.
Panuju, P. & Umami, I. 2005. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Rukiyati, dkk. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta. UNY Press.
Sarwono. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sofyan, H. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik: Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mahasiswa. Yogyakarta: UNY Press.
Sudrajat, A. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori Dan Praktik: Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Yogyakarta: UNY Press.
Sunarso, dkk. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan PKn untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.
Yusuf, S.L.N. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).