PENGEMBANGAN BUKU “KISANAK” SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Maria Ulfa Julistiyana, Sripit Widiastuti

Sari


Character education must be instilled continuously. The efforts to infuse character education in an educational environment could be made through the learning of drama. The teaching of drama conducted in the Undergraduate Study Program of Elementary School Teacher Education at Blitar Islamic University had not used drama scripts originating from the local wisdom around of Blitar; accordingly, the efforts to instill character through learning could not be maximally carried out. These efforts aimed to improve the quality of drama art learning through the development of the teaching materials based on the local wisdom in Blitar City and its surroundings. The local wisdom, in this case, encompassed both oral and non-verbal folklore around the City of Blitar. This research was a type of design research. The purpose of this research was to develop and provide product results that contributed positively to solve problems in the world of education. The product of this research was a collection of drama scripts originating from local wisdom around Blitar City. This study used a development model adopted from the Plomp research model


Kata Kunci


teaching materials; play script; local culture.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian, M. 2013. Potensi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Prosiding The 5th ICSSIS Ethnicity and Globalization. Yogyakarta.

Daniah. 2016. Kearifan Lokal (Lokal Wisdom) sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Pionir. 5(2). 1-14.

Ghufroni & Marlia, R.D. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bermain Drama dengan Model Pembelajaran SAVI pada Siswa SMA. Jurnal Semantika. 1(1). 31-46.

Haryanto, S. 2013. Dunia Simbol Orang Jawa. Yogyakarta: Amara Books.

Jannah, M. & Muhammad, F. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Bermain Drama Berbasis Autobiografi Habibi dan Ainun. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 3(2). 1-10.

Kirom, S. 2018. Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa.Jurnal Inspirasi Pendidikan. 8(1).40-52.

Khaerudin, D., dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Drama Berdasarkan Pengalaman Pengarang sebagai Bahan Ajar Drama di SMP/MTS. Jurnal Tuturan. 8(2). 86-95.

Komaidi, D. 2008. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.

Laksmi, E.W., Parmiti D.P., & Kusmariyatni. 2012. Pengaruh Muatan Kearifan Lokal Tri Hita Karana terhadap Sikap Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ubud. Jurnal Pendidikan. 30(1). 34-36.

Muhri, A. 2017. Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Seni Drama. Lpmpsulsel.kemendikbud.go.id. diakses 12 April 2020.

Mikaresti, P. & Yusra, D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Drama dengan Pendekatan Berbasis Masalah. Pena Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 7(2). 71-81.

Milawati, T. 2011. Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia. Edisi Khusus (2). 70-78.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1). 19-35.

Oktarina, R. & Ribuwati. 2018. Penerapan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri 8 Rambutan Kabupaten Banyuasi Menuju Global Citizen. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang.

Piscayanti, K.S. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Berbasis Karakter dan Lokalitas dalam Kuliah Drama, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia. 1(2). 79-90.

Plomp, T. 2010. Educational Design Research: An Introduction (Plomp, T. & Nieveen, Ed.). Netherland Institute for Curriculum Development.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rosala, D. 2016. Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ritme. 2(1). 17-26.

Sholeh, D.R. & Muhamad, B.H. 2013. Jurnal Widyabastra. 1(2). 1-14.

Sumaryadi. 2006. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Drama Sejak Usia Dini. Jurnal Imaji. 4(1).61-73.

Suryani, Gede, N., & Ida A.M.D. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Drama Bermuatan Kearifan Lokal di Kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Undiksha. 3(1). 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/tc.v4i1.5813

Article Metrics

Sari view : 211 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
TAMAN CENDEKIA: JURNAL PENDIDIKAN KE-SD-AN by http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


ISSN: 2579 – 5147

TAMAN CENDEKIA Telah Diindeks Oleh:

       

Media Patner TAMAN CENDEKIA: 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Jurnal Taman Cendekia