ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8360Keywords:
application of learning, online learning, the covid-19 pandemic.Abstract
The purpose of this study was to obtain information related to the online learning implementation for the 5th grade students of SDN 009 Samarinda Ulu during the Covid-19 pandemic. This research was a descriptive qualitative research. Respondents in this study were 9 people from SDN 009 Samarinda Ulu. The details of the 9 respondents in this study were 3 homeroom teachers of the 5th grade, 3 students and 3 parents. To maintain the confidentiality of the respondents’ identities, the researcher gave the names of the respondents R1, R2, R3, R4, R5, R6, R7, R8 and R9. The data techniques in this study were interviews and documentation. The interviews used in this study were interviews, interviews were conducted by telephone and WhatsApp. Documentation was used as supporting data for this research. The data analysis technique used in this study was the Miles and Huberman analysis technique with four stages, namely, data collection, data reduction, data presentation and conclusion; and data validity in the study used source triangulation. The results of this study indicated that the Covid-19 pandemic had a major impact on the learning process at SDN 009 Samarinda Ulu. Learning that was usually carried out through direct meeting turned into online learning; online learning was still ineffective due to confusion and unpreparedness of the teachers, students and parents in the implementation process and the lack of facilities and infrastructure.
References
Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Hadisi, L., & Muna, W. 2015. Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.
Hanum, N.S. 2013. Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Ilyas, I. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1).
Kemendikbud RI. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19 (diakses 5 Juni 2020).
Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noveandini, R., & Wulandari, M.S. 2010. Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pemantauan kegiatan belajar anak siswa/i sekolah dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C.C., Wijayanti, L.M., & Putri, R.S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang: Universitas Terbuka.
Sari, P. 2015. Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura Vol VI, 20.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartowo, G. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Retrieved from https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261667/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid19-tantangan-yang-mendewasakan (diakses 8 November 2020).
Sukmadinata, N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
World Health Organization. 2020. WHO Coronavirus Disease (COVID-19). Retrieved from https://covid19.who.int/?gclid=EAIaIQobChMI4taCysi76QIVDyQrCh0jIgdKEAAYASAAEgJUR_D_BwE (diakses 5 Juni 2020).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).