PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV MIS AT-TAQWA MALIFUT
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8391Keywords:
learning model, index card match, learning outcomes.Abstract
References
Anggarawati, I.A., dkk. 2014. Pengaruh Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2014. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengkuran Prestasi Belajar. Ed. 2. Cet. XV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamruni, 2012. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta: Investidaya.
Ismiyatun, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres 2 Ambesia Kecamatan Tomini. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6 ISSN 2354-614X.
Nurda’ali, Z. 2017. Implementasi Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pencatatan Jurnal Khusus Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2016-2017. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FEKON UNY.
Pingge, H.D & Wangid, M.N. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. JPSD Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 1.
Suwartiani, S. 2017. Metode Index Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual ISSN 2598-2877 Vol. 1 No. 1 Oktober 2017.
Susiloningsih, W. 2016. Model Pembelajaran CTL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Matakuliah Konsep IPS Dasar. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833 Vol. 5 No.1 Tahun 2016.
Widoyoko, E.P. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Cet II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuniantika, D. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol. 4 Nomor 2 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).