MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8672Keywords:
cooperative learning, jigsaw, hasil belajar, IPAAbstract
References
Astiti, D.K.S., & Widiana I.W. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1). 30-41.
Herawati, N. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 11 Ujan Mas. Jurnal PGSD. 12 (1). 41-48.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 2. Bogor: Ghalila Indonesia.
Huda, M. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istijabatun, S. 2015. Aplikasi Model Jigsaw dalam Pembelajaran Kimia Materi Ph Larutan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 9 (2). 1517-1527.
Lubis, N.A., & Harahap, H. 2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam. 1 (1). 92-102.
Lestari, N.L.A.Y., Negara, I.G.A.O, & Zulaikha, S. 2014. Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Gugus I Kuta Bandung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1). 201-211.
Masriyah, S. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV pada Pelajaran IPA. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Pujianasari, R., Wardhayani, S., & Jaino. 2016. Keefektifan Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV. Jurnal Kreatif. 7 (1). 92-101.
Qudsyi, H., dkk. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta didik SMA. Proyeksi. 6 (2). 34-49.
Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Sekretaris Negara Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Slavin, R.E.. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, Praktik. Bandung: Nusa Media.
Susanto, A. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenada media Grup.
Trisdiono, H. & Zuwanti, I. 2017. Strategi Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Education. 7 (2). 94-103.
Wisudawati, A.W., & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, D. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas II SD Negeri II Kemloko dengan Menggunakan Model Make A Match. Jurnal Taman Cendekia. 01 (02). 113-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).