PENGEMBANGAN MODUL PERMAINAN TRADISIONAL GUNA MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERAN ANAK USIA 6-8 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.8970Keywords:
module, tolerant character, traditional games.Abstract
References
Aswadi, D., & Lismayanti, H. 2019. Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.
Baginda, M. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2),1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.
Borba, M., & Moral, M.K. 2008. Tujuh Kebijakan Utama agar Anak Bermoral Tinggi. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama (p. 232).
Branch, R.M. 2010. Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.
Citra, Y. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1).
Cohen, L., Manion, L., Morrison, K., & Publishers, R. 2009. Book Reviews Research Methods in Education ( 6th ed ). The A Ustr Alian Educational Researcher.
Field, A. 2009. Discovering Statistiks Using SPSS (3rd ed). Sage Publicication Ltd.
Hake, R.R. 1999. Analyzing change/gain scores. Unpublished.[Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf, 16(7).
Harahap, S.M., & Kamtini. 2017. Pengaruh Permainan Tradisional Tarik Tambang terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Panca Budi Medan T.A. 2016-2017. Bunga Rampai Usia Emas, 3(1), 52–61.
Heri, G. 2012. Pendidikan karakter konsep dan implementasi. In Bandung: Alfabeta.
Hermawati, R., Paskarina, C., & Runiawati, N. 2017. Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Bandung. Umbara, 1(2). https://doi.org/10.24198/umbara.v1i2.10341.
Jensen, E. 2011. Brain Based Learning: Pembelajaran berbasis kemampuan otak. Pustaka Pelajar.
Kesuma, D. Triatna, C. Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Rosdakarya.
Koesomea, D. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Gobal. Jakarta: Grasindo. In Jakarta: Grasindo.
Kurniati, E. 2011. Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 97–114. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197706112001122-EUIS_KURNIATI/pedagogia.pdf.
Lestari, E. E., Roysa, M., & Purbasari, I. 2018. Implementasi Media Permainan CODAKA DALAM. 967.
Lickona, T. 1992. How Our School Can Teach Respect and Responsibility. In Publishing History.
Muttakhidah, R.I. 2016. Pergeseran Perspektif “Human Mind†John Locke Dalam Paradigma Pendidikan Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(1).https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4761.
Sistem pendidikan nasional undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, 19 Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum (2003).
Perdani, P.A. 2013. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Pada Anak TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2).
Silalahi, U. Metodologi Analisis Data dan Interpretasi untuk Hasil Penelitian Sosial Kuantitatif. Refka Aditama.
Subali, B. 2012. Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran edisi kedua (Kedua). UNY Press.
Supriyanto, M. 2016. Budaya Indonesia Menghilang Seiring Waktu. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/15/budaya-indonesia-menghilang-seiring-waktu.
Suyitno, I. 2012. Pengembanga Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(0), 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307.
Tarmizi, Nasrun, M., & Utam, S. 2014. Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik melalui Permainan Tradisional DAKON pada Pembelajaran Matematika di SD. Pengaruh Angka Melek Huruf Dan Angka Harapan Hidup Terhadap Kemiskinan Di Sumatera Barat, 1.
Widoyoko, E.P. 2016. Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Vol. 15, Issue April).
Ekawati, Y.N., Nurwanti, D.I., & Sulistyawati, A.E. 2015. Pengaruh penerapan permainan tradisional tegal terhadap kemampuan kerjasama anak-anak. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).