LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM DALAM PEMBELAJARAN DARING SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9677Keywords:
living values education program, online learning.Abstract
This study aimed to describe the process of instilling character in online learning through the Living Values Education Program (LVEP). The type of research used in this research was literature study. The data in this study were secondary data from books, journals, and other relevant sources. Data analysis in this literature review was content analysis. The results showed that the LVEP which included the values of life such as the value of cooperation, freedom, happiness, honesty, humility, love, peace, respect, responsibility, simplicity, tolerance, and unity was one of the effective programs in instilling character in online learning. Living ValuesEducation Program (LVEP) in online learning included activities of reflection, imagination, dialogue, communication, creation, writing, expressing oneself through art, and playing with the values taught. LVEP in online learning was able to help and encourage students to access their creativity and talents to explore and develop universal values. LVEP made children more self-confident, more appreciative of others and demonstrated positive social and personal skills improvement, even LVEP had a positive influence on the character development of students.
References
Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Apriani, A.-N. 2019. Living Values Education Program: Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik. K-Media.
Apriani, A.N., Sari, I.P., & Suwandi, I.K. 2017. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Taman
Apriani, A.N. 2019. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 116-128.
Asfahani, A., & Fauziyati, W.R.A. 2020. Pendidikan Anak Supernormal dengan Pendekatan Living Values Education Program (Studi Kasus Kelas Akselerasi MAN 2 Kota Madiun). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 93-120.
Badriah, A., Satriah, L., & Mujib, A. 2019. Bimbingan Agama Islam Melalui Living Values Education Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 2(2), 102-120.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Jamaluddin, D., et al. 2020. "Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi", Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, pp. 1–10. Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Pangondian, R.A., Santosa, P.I., & Nugroho, E. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Sari, I.P., & Apriani, A.N. (2020). Pengembangan SSP Tematik Integratif Berbasis LVEP untuk Penguatan Karakter Nasionalisme Peserta Ddidik SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 132-140.
Putri, A.E. 2019. Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39-42.
Rohmadani, A.I. 2020. Dampak Covid 19 terhadap Cara Berpikir dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(1), 125-134.
Santika, I.W.E. 2020. Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sari, M., & Asmendri, A. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.
Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Suardipa, I.P. 2020. Perspektif Values Education dalam Kajian Filsafat Pendidikan Berbasis 3N (Nalar, Nurani, dan Naluri). Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(2).
Sukitman, T., & Ridwan, M. 2016. Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) dalam Pembelajaran IPS (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 30-41.
Supriyatna, A. 2015. Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1), 43-52.
Tillman, D. 2004. Living Values Activities For Children Ages 8-14 Terjemahan Adi Respati Dkk (Cetakan I). Grasindo.
Pratiwi, E.W. 2020. Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).