MENGOPTIMALKAN PENILAIAN DENGAN LIVEWORKSHEET PADA FLIPPED CLASSROOM DI SD
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9749Keywords:
assessment, elementary school learning, flipped classroom, liveworksheet.Abstract
References
Aziz, A.M.N., dkk. 2020. Challenges in using authentic assessment in 21st century ESL classrooms. Int. J. Eval. & Res. Educ. Vol. 9 (3). 759 – 768.
Babakr, Z.H., Mohamedamin, Pakstan, and Kakamad, Karwan. 2019. Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. In: Education Quarterly Reviews. 2 (3). 517-524.
Bergmann, J. & Sams, A. 2012. Flip Your Classroom: Talk to Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.
Hadiana, D. 2015. Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21 (1). 15 – 25.
Ibrahim, Noraini, dkk. 2013. What master teachers do: a case study of planning, facilitating, role modelling and developing material. International Education Studies. 6 (6). 86–94.
Irwanto & Marliah. 2019. Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Taman Cendekia, 3 (2). 342 – 349.
Khan, R.N, & Watson, R. 2018. The Flipped Classroom with Tutor Support: An Experience in a Level One Statistics Unit. Journal of University Teaching and Learning Practice, 15(3), 1-19.
Keeley, J.W., dkk. 2016. Excellent teachers’ perspectives on excellent teaching. Teaching of Psychology. 43(3). 175–179.
Kemdikbud. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: DIRJEN DIKDASMEN.
Larkin, T.L. 2014. The student conference: a model of authentic assessment. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP). 4 (2). 36-46.
Listyaningrum, R. A,, dkk. 2020. Analysis of the Needs of Parents in Mentoring Early Childhood During Learning From Home. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Vol 487. 223 – 229.
Nurlaila. 2018. Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Sustainable. 1 (1), Juni 2018. 93 – 112.
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Rhosyida, N., Trisniawati, & Muanifah, M.T. 2020. Self-Assessment Through Diary Book for Elementary Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol 467, 104 – 109.
Saleh al Darayseh, A. 2020. The Impact of Covid-19 Pandemic on Modes of Teaching Science in UAE Schools. Journal of Education and Practice. 1 (20). 110 – 115.
Sri Gusty., dkk. 2020. Belajar Mandiri : Belajar Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Teng, D.C.E., Chen, N.S., Kinshuk, & Leo, T. 2012. Exploring students’ learning experience in an international online research seminar in the Synchronous Cyber Classroom. Computers and Education, 58(3), 918–930.
Van der Vleuten, C.P.M. 2016. Revisiting 'Assessing professional competence: From methods to programmes'. Medical Education. 50 (9). 885-888.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).