ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 TEMA “LINGKUNGAN SAHABAT KITA” KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.9763Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Buku Siswa Kurikulum 2013, Tema “Lingkungan Sahabat Kitaâ€.Abstract
The problem that would be examined in this research was analyzing language errors in the use of letters and punctuation in the 2013 curriculum student book with the theme "Environment of Our Friends" for grade 5 Elementary School published by the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. This study aimed to describe (1) the level of errors in the use of letters and (2) the level of errors in the use of punctuation, in the 2013 curriculum student book with the theme "Environment is Our Friend" for fifth grade Elementary School published by the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. This study used a qualitative descriptive approach. The data collection techniques used were in the form of a census (complete enumeration), in-depth observation (systematic observation) and using information sources in the form of books or documentation of previous research. The results of the research obtained, namely language errors in the 2013 curriculum students' books with the theme “Environment is Our Friend” for class V Elementary School were errors in the use of letters and the use of punctuation. Errors in the use of letters amounted to 136 (41.21%) and punctuation marks totaled 194 (58.79%). The level of language errors in the use of letters and punctuation was with the conversion value ranges from 41% -60% with sufficient criteria.
Keywords: language errors, 2013 curriculum student book.
References:
Ariningsih, N.E., Sumarwati, & Saddhono, K. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas.BASASTRA. 1 (1). 40-53.
Farhani, I.R. 2015. Analisis Kesalahan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Markhamah & Sabardila, A. 2014. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Nurwicaksono, B.D. & Amelia, D. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Aksis 2 (2). 138-153.
Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Qhadafi, M.R. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 3.
Rosita, Y.R, & Achsani, F. 2018. Ketidakefektifan Kalimat Dalam Karangan Liburan Siswa Kelas X SMK X IPTEK Weru. Wahani 2 (2). 21-32.
Suandi, I.N., Sudiana, I.N., & Nurjaya., I.G. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriani, R. & Siregar, I.R. 2012. Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa.Jurnal Edukasi Kultura. 4(2). 67-76.
Setyawati, N. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.
References
Suandi, I Nengah., Sudiana, I Nyoman., dan Nurjaya., I Gede. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Nugraha, Oktavian Aditya dan Sari, Dian Purnama. 2017. Bahasa indonesia Inovatif untuk Perguruan Tinggi. Mojosongo Solo: Bukutujju.
Markhamah dan Sabardila, Atika. 2014. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Farhani, Isma Rusan. 2015. Analisis Kesalahan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setyawati, Nanik. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rizka Nur Oktaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam Taman Cendekia.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).