Pengaruh Sertifikasi Kompetensi, Intensitas Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionlitas Instruktur Balai Latihan Kerja

Penulis

  • Erwin Thayeb BLK Surakarta
  • Budi Budi Santosa

Kata Kunci:

Sertifikasi kompetensi, intensitas pelatihan, pengalaman mengajar, profesionlitas instruktur.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sertifikasi kompetensi, intensitas pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas instruktur Balai Latihan Kerja. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Korelasional dengan jumlah sampel 61 instruktur pegawai negeri sipil yang telah menjadi asesor kompetensi di BLK Surakarta yang menjadi responden. Sementara untuk menguji pengaruh antar variable digunakan uji T dan uji F.

Hasil pengujian regresi menunjukkan pengujian simultan diperoleh dari hasil pengolahan data menunjukkan nilai F hitung sebesar 31,237 dan nilai probabilitas signifikansi tersebut sebesar 0,000 dan tingkat α sebesar 5 % , hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F 0,000 lebih kecil daripada nilai signifikansi 0,05. Artinya bahwa sertifikasi kompetensi (X1), intensitas pelatihan (X2), dan pengalaman mengajar (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas instruktur

 

 

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Nasional Sertifikasi Nasional. (2015, September). Sertifikasi Kompetensi dan Manfaatnya.

Batool, A., & Batool, B. (2012). “Effects of employees training on the organizational competitive advantage: Empirical study of Private Sector of Islamabad, Pakistanâ€. Far East Journal of Psychology and Business, 6(5), 59-72.

BlaÅ¡ková, M., BlaÅ¡ko, R., & KucharÄíková, A. (2014). “Competences and Competence Model of University Teachersâ€. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159, 457-467.

Daniel dan Indra Prasetyo Chamariyah. 2019. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Penajam Paser Utaraâ€. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik). Vol. 1 No. 4 .

Darmawan, D. (2016). “Kompetensi Instruktur dan Efeknya Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihanâ€. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2).

Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). “Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumenâ€. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34-47.

M Fajar, A. (2017). “Analisis Efektivitas UPTD Balai Laitihan Kerja (BLK) Disnaker Kota Semarang Dalam Meningkatkan Keterampilan Masyarakat Kota Semarang†(Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Malik, M. N., & Hasanah, H. (2019, October). “Pengembangan Panduan Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UNM Menuju Lisensiâ€. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM.

Mulyani, S. (2019). “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Enigmaâ€. JURNAL SeMaRaK, 2(1).

Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Mutmainah. 2012. “Pengaruh Sertifikasi Terhadap Profesionalisme Guru di MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun Pelajaran 2011/2012â€.

Ni'matuz Zuhro. 2015. “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme, Pengembangan Diriberkelanjutan Dan Kepuasan Kinerja Guru IPS MAN Se Kota Malang Pascasertifikasiâ€. J-PIPS, Vol. 2 No.1

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks.

Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). “Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi)â€. Jurnal Ad'ministrare, 3(2), 137-148.

Rumartiningsih. 2018. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Dosen Di Universitas Islam Jember. Journal Educational Research and Developmentâ€. Volume 2, Nomor 1.

Sahari. 2015. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Di SMAN I Likupangâ€. Jurnal Pendidikan Islam IQRA’. Vol. 9. Nomor 1.

Sedarmayanti. 2004. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien Melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan. Universitas Michigan: Mandar Maju.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Susilo, Willy dkk. 2018. Sistim Kompetensi Nasional Berbasis KKNI & SKKNI. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yamu’alim, S. (2014). Sertifikat Kompetensi Sebagai Standar Kompetensi Kerja. In Forum Manajemen (Vol. 6, No. 1).

Diterbitkan

2021-12-31