Penerapan Model Pembelajaran Student teams-Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Pengetahuan Kerja Bengkel Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Ajaran 2012 / 2013
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtv.v1i2.103Kata Kunci:
STAD, hasil belajar, Vernier CaliperAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD )pada mata pelajaran Pengetahuan Kerja Bengkel Tentang Penggunaan Alat Ukur Vernier Caliper dengan ketelitian 0,05mm dan 0,02mm bagi siswa kelasX Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Pelajaaran 2012/2013.
 Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman yang berjumlah 36 siswa terdiri dari siswa laki-laki semua.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung adalah observasi partisipatif agar hasilnya obyektif, selain itu observasi juga dilakukan untuk mengamati siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tes yang dilaksanakan pada akhir siklus I dan siklus II untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD)
 Hasil penelitian berdasarkan analisis, diketahui bahwa nilai rata-rata pada prasiklus 69,72, siklus I 75,55 dan pada siklus II 85,55. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa, pada prasiklus baru 9 siswa dinyatakan tuntas belajar ( 24%). Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar ada 19 siswa (52%) dan pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 35 siswa (96%). Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan aktifitas belajar pada mata pelajaran Pengetahuan Kerja Bengkel Tentang Penggunaan Alat Ukur Vernier Caliper dengan ketelitian 0,05mm dan 0,02mm siswa kelasX Teknik Kendaraan Ringan pada semester 2 TahunPelajaran 2012/2013.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with JTVOK agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the JTVOK right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JTVOK.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JTVOK.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).