Penerapan Model Pembelajaran Student teams-Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Pengetahuan Kerja Bengkel Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Ajaran 2012 / 2013

Authors

  • Hartono Hartono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Isis Rachmadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v1i2.103

Keywords:

STAD, hasil belajar, Vernier Caliper

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD )pada mata pelajaran Pengetahuan Kerja Bengkel Tentang Penggunaan Alat Ukur Vernier Caliper dengan ketelitian 0,05mm dan 0,02mm bagi siswa kelasX Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Pelajaaran 2012/2013.

 Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sleman yang berjumlah 36 siswa terdiri dari siswa laki-laki semua.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung adalah observasi partisipatif agar hasilnya obyektif, selain itu observasi juga dilakukan untuk mengamati siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tes yang dilaksanakan pada akhir siklus I dan siklus II untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD)

 Hasil penelitian berdasarkan analisis, diketahui bahwa nilai rata-rata pada prasiklus 69,72, siklus I 75,55 dan pada siklus II 85,55. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa, pada prasiklus baru 9 siswa dinyatakan tuntas belajar ( 24%). Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar ada 19 siswa (52%) dan pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 35 siswa (96%). Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan aktifitas belajar pada mata pelajaran Pengetahuan Kerja Bengkel Tentang Penggunaan Alat Ukur Vernier Caliper dengan ketelitian 0,05mm dan 0,02mm siswa kelasX Teknik Kendaraan Ringan pada semester 2 TahunPelajaran 2012/2013.

Published

12/01/2013

Issue

Section

Artikel

Citation Check