Pengembangan video tutorial membuat media pembelajaran berbasis android menggunakan adobe animate cc

Penulis

  • Ade Viyan Surya Aji Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ibnu Siswanto Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

Video Tutorials, Learning Media, Adobe Animate

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan video tutorial penggunaan Adobe Animate CC untuk pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Yogyakarta. Data penelitian didapatkan dari ahli media, ahli materi, dan mahasiswa selaku pengguna melalui wawancara dan kuisioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan hasil yang menunjukkan bahwa video tutorial yang dikembangkan mendapatkan skor 4,05 (Layak) dari sisi materi,  3,9 (Layak) dari sisi tampilan media, dan 4,18 (Baik) dari sis pengguna. Video tutorial yang dikembangkan memenuhi kelayakan dan diupload ke you tube supaya dapat diakses secara umum oleh mahasiswa maupun pihak lain yang belajar untuk menggunakan Adobe animate CC.

Kata kunci: Video Tutorial; Media Pembelajaran; Adobe Animate

Biografi Penulis

Ibnu Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta

Sinta ID: 6023147

Scopus ID: 57193693471 

Google Scholar: Ibnu Siswanto, S.Pd.T., M.Pd., Ph.D.

Referensi

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fatin, N. N., & Arifin, Z. (2020, December). The Development of Engine Management System’s Learning Media Video in Lightweight Vehicle Engineering Expertise Nasional Berbah Vocational High School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1700, No. 1, p. 012056). IOP Publishing.

Kemdikbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16, Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Kurniawan, H. A., Siswanto, I., Sampurno, Y. G., & Syafiq, A. (2020, December). Developing Wiper and Washer System Electronics Learning Module for Automotive Engineering Education Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1700, No. 1, p. 012059). IOP Publishing.

Mulitimedia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 30 November 2020, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/multimedia .

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riyana, C. (2011). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Saputro, A. (2018). Panduan Praktis Membuat Mini Games Android Menggunakan Adobe Animate CC. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Simonson, M., Zvacek, S. M., & Smaldino, S. (2019). Teaching and Learning at a Distance: Foundations of Distance Education 7th Edition.

Suheri, A. (2006). Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Media Teknologi, 2(1). halaman 29.

Utomo, A. Y. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6, halaman 68.

Widarto, dkk. (2016). Kurikulum 2014 program studi pendidikan teknik otomotif (S1) Teknik otomotif (D3). Yogyakarta: FT UNY.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, M. (2018). Media dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Diterbitkan

2021-12-31