Hubungan Antara Bimbingan Karir Dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kejuruan pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Smk Al Munawwarah Kesugihan Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013

Penulis

  • Lukman Lukman Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Samsul Hadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v1i2.108

Kata Kunci:

bimbingan karir, motivasi, prestasi belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan bimbingan karir dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan; (2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan; dan (3) hubungan bimbingan karir dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Munawwarah Kesugian Cilacap tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) hasil uji korelasi Product Moment antara variabel X1  dengan Y diperoleh harga sebesar  0,495,  artinya  ada  hubungan  yang  positif  dan  signifikan  antara bimbingan karir dengan prestasi belajar; (2) Hasil uji korelasi Product Moment antara variabel X2 dengan Y diperoleh harga rx 2 y variabel 0,550, artinya ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar; (3) Hasil uji korelasi ganda antara variabel X1, X2 dengan Y diperoleh harga rx1x 2 y sebesar 0,505. Nilai rxy yang diperoleh di atas nilai rxy tabel dengan nilai propabilitas  di bawah taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian (Ha) diterima yang artinya ada hubungan yang positif antara bimbingan karir dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa faktor bimbingan karir dan motivasi belajar sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2013-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel