Metode pembelajaran conversation analysis and variation theory approach untuk meningkatkan hasil pengelasan smaw posisi 1f

Metode pembelajaran Conversation Analisys and Variation Theory Approach (CAVTA) pada praktik pengelasan SMAW

Authors

  • Soffan Nurhaji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Haris Abizar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , Indonesia
  • Hamid Abdillah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , Indonesia
  • Sulaeman Deni Ramdani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Alimin Alimin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i1.11131

Keywords:

Praktik Pengelasan, Hasil Pengelasan, Concurren Embed, CAVTA, SMAW

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi metode CAVTA pada praktik pengelasan SMAW, (2) untuk mennganalisis peningkatan hasil pengelasan SMAW posisi 1F, (3) untuk mengetahui keefektifitasan penerapan metode CAVTA pada praktik pengelasan SMAW. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan model concurren embed, sedangkan untuk jenis penelitiannya menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah   mahasiswa yang mengampu mata kuliah praktik pengelasan 1 pada semester ganjil 2020/2021 di jurusan pendidikan vokasional teknik mesin sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan studi literatur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  menggunakan arsip dokumen penunjang proses pembelajaran,  lembar wawancara dan kuisioner.  Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pada impelementasi metode CAVTA dilakukan tiga siklus yang terdiri dari percobaan 1, percobaan 2 dan percobaan 3. 2) Terdapat peningkatan dari hasil pengelasan percobaan 1 (18,6%), percobaan 2 (35,0%) dan percobaan 3 (52,2%). Peningkatannya dinyatakan signifikan karena berdasarkan analisis anova satu jalur diperoleh hasil  Fhitung > Ftabel  yaitu 53,02 > 3,16 maka H0 ditolak berarti signifikan. 3) Hasil validasi penerima metode untuk keefektivitasan penerapan metode CAVTA pada praktik pengelasan SMAW sebesar 89% dengan kriteria sangat baik.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode CAVTA ini dapat meningkatkan hasil pengelasan SMAW posisi 1F dan efektif diterapkan pada proses pembelajaran praktik pengelasan SMAW karena mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa.

References

Andriaty, S. N., Findyartini, A., & Werdhani, R. A. (2016). Studi Eksprorasi Kemungkinan Penyebab kegagalan Mahasiswa Dalam Uji Kompetensi. III(2), 1–12.

Asplund, S. B., & Kilbrink, N. (2020). Lessons from the welding booth : theories in practice in vocational education. Empirical Research in Vocational Education and Training, 12:1, 1–23. https://doi.org/10.1186/s40461-020-0087-x

AWS. (1999). Structural Welding Code--Steel (Vol. 552).

Braham, J., & Pickering, J. (2007). Widening participation and improving economic competitiveness; the dual role of work-based learning within foundation degrees. Proceedings of The Work-Based Learning Futures Conference, UK, Buxton., 45–52.

Clarke, L., & Winch, C. (2008). Vocational education. Internasional approaches, developments and systems. London & New York : Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed). United States of America: SAGE.

Fallow, S., & Weller, G. (2000). Transition from student to employee : a work-based program for ―graduate apprentices‖ in small to medium enterprises. 4(Journal of Vocational and Education Training), 665–685.

Garnett, J. (2008). Recognising and enhancing the quality of university work-based learning programmes. Proceedings of the Work-Based Learning Futures II Conference, UK, Middlesex, 32–38.

Hamid, A. (2016). Analisis Pengaruh Arus Pengelasan SMAW Pada Material Baja Karbon Rendah Terhadap Kekuatan Material Hasil Sambungan. 26–36.

Jing, T. J., Tarmizi, R. A., Abu, K., & Aralas, D. (2017). The Adoption of Variation Theory in the Classroom : Effect on Students ’ Algebraic Achievement and Motivation to Learn.

Kasper, G., & Wagner, J. (2014). Conversation Analysis in Applied Linguistics. 34, 1–42. https://doi.org/10.1017/S0267190514000014

Lucas, B., Claxton, G., & Spencer, E. M. (2012). How to teach vocational education : A theory of vocational pedagogy. (March 2015). https://doi.org/10.13140/2.1.3424.5928

Lynch, & Harnish. (1998). Preparing pre-service teachers education students to used work-based strategies to improve instruction. In Contextual teaching and learning : Preparing teachers to enchance student success in the workplace and beyond. (Columbus), 1–158.

Ngurah, I. G., Santhiarsa, N., & Nyoman, I. (2008). Pengaruh posisi pengelasan dan gerakan elektroda terhadap kekerasan hasil las baja JIS SSC 41. 2(2).

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran. Edisi Khusus No 1, (1), 158–166.

Nurhaji, S., & Nurtanto, M. (2017). Pendidikan Kejuruan Sebagai Pembentukan Karakter Berfikir dan Implementasi Nilai Dalam Perilaku Akademik. 2(1), 65–84.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory di Sekolah Kejuruan. 447–454.

Pang, M. F., & Ling, L. M. (2012). professionally , and produce new knowledge to be shared. (M), 589–606. https://doi.org/10.1007/s11251-011-9191-4

Qomari, A. N., Solichin, & Hutomo, P. T. (2015). Pengaruh Pola Gerakan Elektroda dan Posisi Pengelasan Terhadap Kekerasan Hasil Las Pada Baja ST60. (2), 1–8.

Rahdiyanta, D. (2018). Reorientasi Pembelajaran Sebagai Proses Peningkatan Mutu Pendidikan Vokasi di Indonesia. 1–16.

Rompas, P. T. D. (2015). Model Bentuk Pembelajaran Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Dalam Memenuhi Harapan Dunia Usaha. 6, 1–7.

Setiyadi, B. R., & Ramdani, S. D. (2016). Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa Pada Pembelajaran Saintifik di SMK. 1(1), 28–41.

Sidnell, J. (2016). Linguistics : Oxford Research Encyclopedias Conversation Analysis. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780199384655.013.40

Subali, B. (2008). Penelitian tindakan kelas. 1–18.

Sudira, P. (2012). Filosofi dan Teori Pendidkan Vokasi dan Kejuruan (T. Setyawan, ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Verawadina, U., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Mengkaji Kurikulum di Era Revolusi 4.0 Bagi Pendidikan Vokasi. 17(2), 228–239.

Verawardina, U., & Jama, J. (2018). philosophy TVET di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. 1(3), 104–111.

Winangun, K. (2017). Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. 5(1), 72–78.

Downloads

Published

06/26/2023

How to Cite

Nurhaji, S., Abizar, H., Abdillah, H. ., Deni Ramdani, S., & Alimin, A. (2023). Metode pembelajaran conversation analysis and variation theory approach untuk meningkatkan hasil pengelasan smaw posisi 1f: Metode pembelajaran Conversation Analisys and Variation Theory Approach (CAVTA) pada praktik pengelasan SMAW. Jurnal Taman Vokasi, 11(1), 51–66. https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i1.11131

Issue

Section

Artikel

Citation Check