Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi lulusan melalui tracer study
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11316Abstract
Kompetensi lulusan adalah suatu bagian yang penting bagi suatu program studi untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Kompetensi lulusan dapat diukur dengan berbagai cara, salah satunya melalui tracer study. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi kompetensi lulusan melalui pelaksanaan kegiatan tracer study. Faktor yang dibahas dalam penelitian ini adalah penguasaan saat berkuliah, relevansi, penguasaan masa sekarang, dan ketertarikan. Ruang lingkup penelitian dibatasi khusus bagi alumni prodi D4 Konstruksi Gedung PNJ. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner ilmiah secara online kepada responden penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melalui uji hipotesis t dan F. Persamaan regresi linear berganda menunjukkan bahwa seluruh faktor memberi pengaruh yang positif terhadap kompetensi lulusan, dimana faktor relevansi menjadi faktor dengan pengaruh paling positif. Secara parsial, hasil uji hipotesis dengan uji t menghasilkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari masing-masing faktor secara parsial. Secara simultan, uji F memberikan hasil bahwa seluruh faktor secara bersama-sama memiliki pengaruh yang juga signifikan terhadap kompetensi lulusan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa seluruh faktor perlu diperhatikan oleh prodi D4 Konstruksi Gedung agar mampu meningkatkan kompetensi lulusan di masa mendatang.
References
Albina, A. C., & Sumagaysay, L. P. (2020). Employability tracer study of Information Technology Education graduates from a state university in the Philippine. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 1–6.
Canizares, M. J. (2015). Tracing University of San Carlos’ science and mathematics education graduates: How well are we in developing teacher professionals? International Journal of Research Studies in Education, 4(2), 69–86. https://doi.org/10.5861/ijrse.2015.985
Devore, J. L. (2016). Probability and Statistics for Engineering and the Sciences. Cengage Learning.
Hanum, H. (2011). Perbandingan Metode Stepwise, Best Subset Regression, dan Fraksi dalam Pemilihan Model Regresi Berganda Terbaik. Jurnal Penelitian Sains, 14(2(A)), 1–6.
Hazaymeh, E. N. M., & Pena, M. K. Dela. (2017). A Tracer Study of La Salle University College of Engineering Graduates. Lasallian Research Forum, 18(1), 52–68.
Indonesia, R. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 (Jakarta). Sekretariat Kabinet RI.
Kalaw, M. T. B. (2019). Tracer study of Bachelor of Science in Mathematics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 537–548. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.17343
Macatangay, L. (2013). Tracer study of BSCS Graduates of Lyceum of the Philippines University from 2004-2009. SAVAP International, 4(5), 361–377.
Musyafa, A. (2011). Identifikasi Kompetensi Sarjana Teknik Sipi Berdasarkan Persepsi Supervisor pada Badan Usaha Jasa Konstruksi. SEMINAR NASIONAL-1 BMPTTSSI - Konteks 5, 99–106.
Nasional, D. P. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (Jakarta (ed.)). Depdiknas.
Nugraheni, Y., Susilawati, Sudrajat, & Apriliandi, A. (2018). Tracer Study Analysis of Vocational Education in Politeknik Negeri Bandung With Exit Cohort as an Approach. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 298, 110–115.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972
Ramirez, T. L., Cruz, L. T., & Alcantara, N. V. (2014). TRACER STUDY OF RTU GRADUATES: AN ANALYSIS. International Refereed Research Journal, V(1), 66–76.
Santoso, E., & Muharsono. (2018). Evaluasi Kompetensi dan Relevansi Lulusan pada Dunia Kerja dengan Tracer Study di Universitas Tulungagung. Jurnal Benefit, 5(1), 78–86.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. ALFABETA.
Wahyuni, E., Yuardani, A. M., & Arief, V. (2018). Fungsi Pelacakan Alumni Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Eksos, XIV(1), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Jonathan Saputra, Dyah Nurwidyaningrum, Amalia Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.