Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi lulusan melalui tracer study

Authors

  • Jonathan Saputra Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dyah Nurwidyaningrum Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Amalia Amalia Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11316

Abstract

Kompetensi lulusan adalah suatu bagian yang penting bagi suatu program studi untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Kompetensi lulusan dapat diukur dengan berbagai cara, salah satunya melalui tracer study. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi kompetensi lulusan melalui pelaksanaan kegiatan tracer study. Faktor yang dibahas dalam penelitian ini adalah penguasaan saat berkuliah, relevansi, penguasaan masa sekarang, dan ketertarikan. Ruang lingkup penelitian dibatasi khusus bagi alumni prodi D4 Konstruksi Gedung PNJ. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner ilmiah secara online kepada responden penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melalui uji hipotesis t dan F. Persamaan regresi linear berganda menunjukkan bahwa seluruh faktor memberi pengaruh yang positif terhadap kompetensi lulusan, dimana faktor relevansi menjadi faktor dengan pengaruh paling positif. Secara parsial, hasil uji hipotesis dengan uji t menghasilkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari masing-masing faktor secara parsial. Secara simultan, uji F memberikan hasil bahwa seluruh faktor secara bersama-sama memiliki pengaruh yang juga signifikan terhadap kompetensi lulusan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa seluruh faktor perlu diperhatikan oleh prodi D4 Konstruksi Gedung agar mampu meningkatkan kompetensi lulusan di masa mendatang.

References

Albina, A. C., & Sumagaysay, L. P. (2020). Employability tracer study of Information Technology Education graduates from a state university in the Philippine. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 1–6.

Canizares, M. J. (2015). Tracing University of San Carlos’ science and mathematics education graduates: How well are we in developing teacher professionals? International Journal of Research Studies in Education, 4(2), 69–86. https://doi.org/10.5861/ijrse.2015.985

Devore, J. L. (2016). Probability and Statistics for Engineering and the Sciences. Cengage Learning.

Hanum, H. (2011). Perbandingan Metode Stepwise, Best Subset Regression, dan Fraksi dalam Pemilihan Model Regresi Berganda Terbaik. Jurnal Penelitian Sains, 14(2(A)), 1–6.

Hazaymeh, E. N. M., & Pena, M. K. Dela. (2017). A Tracer Study of La Salle University College of Engineering Graduates. Lasallian Research Forum, 18(1), 52–68.

Indonesia, R. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 (Jakarta). Sekretariat Kabinet RI.

Kalaw, M. T. B. (2019). Tracer study of Bachelor of Science in Mathematics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 537–548. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.17343

Macatangay, L. (2013). Tracer study of BSCS Graduates of Lyceum of the Philippines University from 2004-2009. SAVAP International, 4(5), 361–377.

Musyafa, A. (2011). Identifikasi Kompetensi Sarjana Teknik Sipi Berdasarkan Persepsi Supervisor pada Badan Usaha Jasa Konstruksi. SEMINAR NASIONAL-1 BMPTTSSI - Konteks 5, 99–106.

Nasional, D. P. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (Jakarta (ed.)). Depdiknas.

Nugraheni, Y., Susilawati, Sudrajat, & Apriliandi, A. (2018). Tracer Study Analysis of Vocational Education in Politeknik Negeri Bandung With Exit Cohort as an Approach. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 298, 110–115.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972

Ramirez, T. L., Cruz, L. T., & Alcantara, N. V. (2014). TRACER STUDY OF RTU GRADUATES: AN ANALYSIS. International Refereed Research Journal, V(1), 66–76.

Santoso, E., & Muharsono. (2018). Evaluasi Kompetensi dan Relevansi Lulusan pada Dunia Kerja dengan Tracer Study di Universitas Tulungagung. Jurnal Benefit, 5(1), 78–86.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. ALFABETA.

Wahyuni, E., Yuardani, A. M., & Arief, V. (2018). Fungsi Pelacakan Alumni Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Eksos, XIV(1), 1–11.

Downloads

Published

06/30/2022

How to Cite

Jonathan Saputra, Nurwidyaningrum, D. ., & Amalia, A. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi lulusan melalui tracer study . Jurnal Taman Vokasi, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11316

Issue

Section

Artikel

Citation Check