Efektivitas Model PjBL STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Menggambar Teknik Mahasiswa

Penulis

  • Yayi Febdia Pradani Universitas Islam Raden Rahmat
  • Mojibur Rohman Universitas Islam Raden Rahmat
  • Ahmad Saepuddin Universitas Islam Raden Rahmat

Abstrak

Gambar teknik merupakan salah satu matakuliah wajib program studi Teknik Mesin yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam membuat gambar kerja sesuai aturan dan standar yang berlaku. Penerapan model PjBL STEM dalam pembelajaran,  dapat menjadi solusi dan cara dalam meningkatkan keterampilan menggambar teknik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengidentifikasi keefektifan model PjBL terintegrasi STEM dalam meningkatkan keterampilan menggambar teknik mahasiswa. Untuk itu, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Sebanyak 18 orang mahasiswa program studi Teknik Mesin dari Unira Malang, berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kinerja mahasiswa yang meliputi empat indikator mulai dari persiapan gambar, penggunaan alat, pembuatan gambar, dan hasil gambar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji efektifitas model PjBL terhadap keterampilan menggambar teknik. Hasilnya, temuan penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan mahasiswa yang diukur pada siklus I dan siklus II penelitian. Hasil analisis uji t dengan paired sample t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PjBL terhadap keterampilan menggambar pada matakuliah Gambar teknik.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-01