Evaluasi kegiatan magang pada masa pandemi covid -19 bagi mahasiswa vokasi dengan model CIPP
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11437Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kegiatan pemagangan di masa pandemi Covid-19 menggunakan model CIPP yang di kembangkan oleh Stufflebeam bagi seluruh mahasiswa /I tahun Angkatan 2018 di program studi pariwisata Vokasi UI sebanyak 72 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif kemudian proses pengumpulan data dilakukan secara triangulasi sumber . Penelitian ini menghasilkan 4 (empat) kesimpulan diantaranya :Hasil evaluasi konteks menunjukkan bahwa perusahaan tetap melakukan persiapan dengan menyampaikan kegiatan dan tujuan sebelum memulai kegiatan magang yang dilakukan secara online dan offline; Evaluasi Input: dimasa pandemi perusahaan tetap memberikan fasilitas yang baik kepada perserta magang, terdapat pembagian jadwal kerja antara bekerja dari rumah atau di kantor serta memberikan tanggung jawan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Evaluasi Proses: hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan ilmu serta pengalaman selama kegiatan ini walapun kegiatan magang tidak dilakukan secara tatap muka 100% hanya terdapat kendala yang dihadapi terkait dengan ketersediaan jaringan internet ketika sedang bekerja dari rumah. Evaluasi Produk : hasil evaluasi dari pelaksanaan magang mahasiswa memperoleh nilai yang memuaskan dan banyak pengalaman yang didapatkan. Program kegiatan magang mahasiswa ini harus terus dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendampingan pembelajaran dan pengawasan yang diberikan kepada para peserta.
References
Abdullah, Norazilawati et al. 2016. The evaluation and effectiveness of school based assessment among science teachers in Malaysia using CIPP Model. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 3(11) 2016, Pages: 1-7
Aryanti, Teni et al. 2015. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal
Pendidikan Nonformal . Volume 10, No. 1, Bulan maret Tahun 2015
Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. CV Andi: Yogayakarta
Aziz, Shamsa. 2018. Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School
Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development. Vol. 5 No. 1 (June 2018)
Creswell, J,W. 2016. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar:Yogyakarta.
Divayana, D.G.H. et al. 2021. An innovative model as evaluation model for information technology-based learning at ICT vocational schools. Heliyon 7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06347.
Mahmudi, Ihwan. 2011. CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 6, No. 1, Juni 2011.
Muryadi, Agustanico Dwi. 2017. Model Evaluasi Program Dalam Penelitian
Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.3 No.1, Januari 2017
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012
Tentang Pendidikan Tinggi
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-I9)
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972
Rencana Strategis Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2020-2024.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi. Jakarta
Stufflebeam, Daniel L. 2015. CIPP Evaluation Model Checklist: A Tool for Applying the CIPP Model to Assess Projects and Programs. Western Michigan University
Stufflebeam, D,L & Coryn, Chris L. S. 2014. Evaluation theory, models, and applications. Jossey-Bass A Wiley Brand : San Francisco
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta:Bandung
Rosa,Tina & Yusdi Anra. 2018. Evaluation of Training to Improve Ability of Lecturers’ Learning Design. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 262. 4th International Conference on Teacher Training and Education (ICTTE 2018) . Published by Atlantis Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Anisatul Auliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.