Membentuk karakter wirausaha pada siswa SMK melalui penerapan model Teaching Factory
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11723Keywords:
Entrepreneurial character, learning model, teaching factory, vocationAbstract
Dari data Badan Pusat Statistika, pada tahun 2019 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia masih didominasi oleh penduduk dengan lulusan pendidikan terakhir Sekolah Menengah Keatas (SMK). Penanaman dan penerapan jiwa wirausaha pada siswa, diyakini dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Sehingga penerapan model pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dapat menjadi lahan atau tempat peserta didik SMK untuk mempraktekkan pembelajaran kewirausahaan. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi literatur atau dokumentasi, dengan mengumpulkan data dari berbagai media dan dokumen, mengenai Model Teaching Factory dan karakter wirausaha. Kebanyakan SMK yang sudah menerapkan TeFa menggunakan kurikulum 2013, namun belum semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Entrepreneurship atau karakter wirausaha merupakan salah satu tujuan ketercapaian dalam penerapan pembelajaran TeFa. model TeFa sekolah dapat memonitoring serta mengevaluasi dalam penyelenggaran program selanjutnya. Sekolah dapat membantu siswa dalam membina kegiatan TeFa di sekolah, bahkan dapat melakukan inovasi dan rekayasa teknologi yang bermanfaat baik untuk kemandirian siswa maupun dunia industri. Siswa dapat meningkatkan potensi yang dimiliki, sehingga membangun potensi kewirausahaan SMK dan membina karakter wirausahawan yang sukses. Dengan penerapan model pembelajaran Teaching Factory, sekolah dapat memonitoring dan mengevaluasi dalam penyelenggaraan program TeFa di sekolah sehingga dapat membentuk inovasi baik untuk kemandirian siswa maupun industri.
References
Amar, A. F., Hidayat, D., & Suherman, A. (2015). Penerapan model pembelajaran teaching factory 6 langkah (Model TF-6M) untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 189-198.
Gozali, G., Dardiri, A., & Soekopitojo, S. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 46-50.
Hadlock, H., Wells, S., Hall, J., Clifford, J., Winowich, N., & Burns, J. (2008). From practice to entrepreneurship: rethinking the learning factory approach. In Proceedings Of The 2008 IAJC-LJME International Conference ISBN (pp. 978-1).
Lestari, L. (2014). Efektivitas Pelaksanaan Teaching Factory Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Solo Technopark. Jurnal Nosel, 3(1).
Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan model teaching factory di Sekolah Kejuruan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
Perdana, N. S. (2018). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran model teaching factory dalam upaya peningkatan mutu lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).
Prasetyo, I. (2009). Membangun Karakter Wirausaha Melalui Pendidikan Berbasis Nilai Dalam Program Pendidikan Non Formal. Jurnal PNFI, 1(1), 1-12.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972
Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). PENINGKATAN KUALITAS HARD SKILL DAN SOFT SKILL MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM TEACHING FACTORY (TEFA) DI SMK MODEL PGRI 1 MEJAYAN. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).
Ratnawati, D. (2016). Kontribusi Pendidikan karakter dan Lingkungan Keluarga Terhadap Soft Skill Siswa SMK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah.
Wijaya, M. B. R. (2013). Model pengelolaan teaching factory sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(2).
Yulastri, A. (2019). Karakter Wirausaha. Penerbit Alfabeta: Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Nabilla Putri Sulaiman, Astrid Saharani Putri, Dzulya Istiqomah, Feri Hidayatullah Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.