Membentuk karakter wirausaha pada siswa SMK melalui penerapan model Teaching Factory

Authors

  • Nabilla Putri Sulaiman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Astrid Saharani Putri Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dzulya Istiqomah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Feri Hidayatullah Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11723

Keywords:

Entrepreneurial character, learning model, teaching factory, vocation

Abstract

Dari data Badan Pusat Statistika, pada tahun 2019 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia masih didominasi oleh penduduk dengan lulusan pendidikan terakhir Sekolah Menengah Keatas (SMK). Penanaman dan penerapan jiwa wirausaha pada siswa, diyakini dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Sehingga penerapan model pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dapat menjadi lahan atau tempat peserta didik SMK untuk mempraktekkan pembelajaran kewirausahaan. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi literatur atau dokumentasi, dengan mengumpulkan data dari berbagai media dan dokumen, mengenai Model Teaching Factory dan karakter wirausaha. Kebanyakan SMK yang sudah menerapkan TeFa menggunakan kurikulum 2013, namun belum semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Entrepreneurship atau karakter wirausaha merupakan salah satu tujuan ketercapaian dalam penerapan pembelajaran TeFa. model TeFa sekolah dapat memonitoring serta mengevaluasi dalam penyelenggaran program selanjutnya. Sekolah dapat membantu siswa dalam membina kegiatan TeFa di sekolah, bahkan dapat melakukan inovasi dan rekayasa teknologi yang bermanfaat baik untuk kemandirian siswa maupun dunia industri. Siswa dapat meningkatkan potensi yang dimiliki, sehingga membangun potensi kewirausahaan SMK dan membina karakter wirausahawan yang sukses. Dengan penerapan model pembelajaran Teaching Factory, sekolah dapat memonitoring dan mengevaluasi dalam penyelenggaraan program TeFa di sekolah sehingga dapat membentuk inovasi baik untuk kemandirian siswa maupun industri.

References

Amar, A. F., Hidayat, D., & Suherman, A. (2015). Penerapan model pembelajaran teaching factory 6 langkah (Model TF-6M) untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 189-198.

Gozali, G., Dardiri, A., & Soekopitojo, S. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 46-50.

Hadlock, H., Wells, S., Hall, J., Clifford, J., Winowich, N., & Burns, J. (2008). From practice to entrepreneurship: rethinking the learning factory approach. In Proceedings Of The 2008 IAJC-LJME International Conference ISBN (pp. 978-1).

Lestari, L. (2014). Efektivitas Pelaksanaan Teaching Factory Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Solo Technopark. Jurnal Nosel, 3(1).

Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan model teaching factory di Sekolah Kejuruan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Perdana, N. S. (2018). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran model teaching factory dalam upaya peningkatan mutu lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).

Prasetyo, I. (2009). Membangun Karakter Wirausaha Melalui Pendidikan Berbasis Nilai Dalam Program Pendidikan Non Formal. Jurnal PNFI, 1(1), 1-12.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972

Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). PENINGKATAN KUALITAS HARD SKILL DAN SOFT SKILL MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM TEACHING FACTORY (TEFA) DI SMK MODEL PGRI 1 MEJAYAN. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).

Ratnawati, D. (2016). Kontribusi Pendidikan karakter dan Lingkungan Keluarga Terhadap Soft Skill Siswa SMK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah.

Wijaya, M. B. R. (2013). Model pengelolaan teaching factory sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(2).

Yulastri, A. (2019). Karakter Wirausaha. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

06/30/2022

How to Cite

Sulaiman, N. P., Putri, A. S., Istiqomah, D., & Firmansyah, F. H. (2022). Membentuk karakter wirausaha pada siswa SMK melalui penerapan model Teaching Factory. Jurnal Taman Vokasi, 10(1), 39–44. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.11723

Issue

Section

Artikel

Citation Check