Perbandingan Hasil Belajar Face To Face dan Online Learning Mahasiswa Fakultas Teknik Selama Pandemi COVID-19

Penulis

  • Jumadin Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Mukhlisah Abdal Universitas Negeri Makassar https://orcid.org/0000-0003-3004-0700
  • HILDA ASHARI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Dwi Rezky A. Sulaiman Universitas Negeri Makassar

Abstrak

Penyebaran COVID-19 telah menyebabkan peralihan sistem pembelajaran yang semula face to face (F2F) beralih menjadi online learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih baikkah online learning dibandingkan F2F pada hasil belajar mahasiswa Fakultas Teknik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa Fakultas Teknik selama online learning dan F2F selama pandemi COVID-19. Data berupa Indeks Prestasi Semester (IPS) mahasiswa Fakultas Teknik sebanyak 600 data primer. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah Teknik Purposive Sampling. Adapun uji-T berpasangan untuk menganalisis data statistik inferensia pada penelitian ini. Analisis dilakukan setelah memastikan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Setelah menganalisis hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan nilai Sig. adalah sebesar 0.000 yang mana nilainya lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai IPS mahasiswa Fakultas Teknik  pada online learning lebih baik F2F terhadap hasil belajar. Jadi, penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan F2F lebih baik daripada online learning untuk mahasiswa Fakultas Teknik selama pandemi COVID-19.

Diterbitkan

2021-12-30