Analisis faktor kesulitan belajar praktek secara daring pada mahasiswa tata boga

Authors

  • Sri Wahyu Andayani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Rina Setyaningsih Setyaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dianna Ratnawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia
  • Septi Azati Azati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia
  • Nur Chasanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.12256

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh gambaran analisis faktor kesulitan belajar praktek industri rumah tangga boga secara daring pada mahasiswa tata boga. Jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subyek penelitian  mahasiswa Prodi PVKK yang menempuh mata kuliah Industri Rumah Tangga Boga di semester empat Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 35 mahasiswa. Objek penelitian adalah faktor kesulitan belajar praktek industri rumah tangga boga. Teknik pengambilan sampel penelitian  dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket, melalui google form. Uji coba kepada 30 responden (uji coba terpakai). Hasil angket tersebut  digunakan mendiskripsikan skore ideal dan skore observasi untuk analisis factor kesulitan belajar mahasiswa  secara daring. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menghitung mean, median, modus, dan standart deviasi. Hasil penelitan (1) Faktor penyebab kesulitan belajar,ditinjau dari faktor internal dan eksternal sebesar 11,4% dikategorikan tinggi, 28,58% kategori sedang, sebesar 60% kategori  rendah; (2) ditinjau  faktor internal 5,71% kategotri tinggi, sebesar 0%   kategori sedang, 94,29% kategori rendah; (3) ditinjau  faktor eksternal 28,57% kategori tinggi, sebesar 31,43% kategori sedang, sebesar 40% pada kategori rendah. Dengan demikian jika dilihat dari factor internal dan eksternal, tidak ada kesulitan belajar  walaupun dilaksanakan secara daring.

Author Biography

Sri Wahyu Andayani, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Sinta ID: 6143297

References

Yusuf Bilfaqih & M.Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring

Istikhomah. 2018. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Ketrampilan Menjahit Siswa Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan”. (versi online) Jurnal Keluarga (Vol. 4 Nomor 2). Hlm. 108

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks Jilid I, Edisi Kedua belas.

Munirah. 2018. “Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa”. (versi online) Jurnal Pendidikan Agama Islam (Volume 3, No. 2) Hal 8s

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purnomo, S., Djufri, E., & Khaharsyah, A. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972

Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Robbins, Stheppen P. 2001. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks. Terjemahan Tim Indeks, Jilid II.

Ruci Pawicara (2020). “Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19”. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/7 . Di akses Pada Tanggal 17 Januari 2021, Jam 20.40 WIB

Santrock John W. 2007. Adolescence. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga, Edisi keenaam

Sardiyanah, S. 2015. “Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya”. (versi online) Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan (Volume 7, No. 1) Hal 185-192

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. alfabeta.

Sunardi .2000 . Ortopedagogik Umum II Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Sebelas Maret.

Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Luh Devi Herliandry, N. M. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. (versi online) Jurnal Teknologi Pendidikan (Vol.22 Nomor 1).

Munirah. 2018. “Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa”. (versi online) Jurnal Pendidikan Agama Islam (Volume 3, No. 2) Hal 8s

Ni Nyoman Ayu Wilantari. 2018. “Komunikasi Massa dalam Manajemen Pariwisata”. (versi online) Jurnal Penerangan Agama Hindu (Vol. 16 Nomor 1). Hlm. 4

Sardiyanah, S. 2015. “Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya”. (versi online) Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan (Volume 7, No. 1) Hal 185-192

Suprihatin, S. 2015. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. (versi onlen) Jurnal Pendidikan Ekonomi (Vol.3.No.1). Hlm. 73

Yuliana. 2017. “Analisis Faktor Hasil Belajar Dasar Teknologi Menjahit Siswa Tata Busana di SMK”. (versi online) Jurnal Keluarga (Vol. 3 Nomor 1). Hlm. 6

Downloads

Published

06/30/2022

How to Cite

Andayani, S. W., Setyaningsih, R. S., Ratnawati, D. ., Azati, S. A., & Chasanah, N. (2022). Analisis faktor kesulitan belajar praktek secara daring pada mahasiswa tata boga . Jurnal Taman Vokasi, 10(1), 53–60. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.12256

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>