Analisis faktor kesulitan belajar praktek secara daring pada mahasiswa tata boga
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.12256Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh gambaran analisis faktor kesulitan belajar praktek industri rumah tangga boga secara daring pada mahasiswa tata boga. Jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subyek penelitian mahasiswa Prodi PVKK yang menempuh mata kuliah Industri Rumah Tangga Boga di semester empat Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 35 mahasiswa. Objek penelitian adalah faktor kesulitan belajar praktek industri rumah tangga boga. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket, melalui google form. Uji coba kepada 30 responden (uji coba terpakai). Hasil angket tersebut digunakan mendiskripsikan skore ideal dan skore observasi untuk analisis factor kesulitan belajar mahasiswa secara daring. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menghitung mean, median, modus, dan standart deviasi. Hasil penelitan (1) Faktor penyebab kesulitan belajar,ditinjau dari faktor internal dan eksternal sebesar 11,4% dikategorikan tinggi, 28,58% kategori sedang, sebesar 60% kategori rendah; (2) ditinjau faktor internal 5,71% kategotri tinggi, sebesar 0% kategori sedang, 94,29% kategori rendah; (3) ditinjau faktor eksternal 28,57% kategori tinggi, sebesar 31,43% kategori sedang, sebesar 40% pada kategori rendah. Dengan demikian jika dilihat dari factor internal dan eksternal, tidak ada kesulitan belajar walaupun dilaksanakan secara daring.
References
Yusuf Bilfaqih & M.Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring
Istikhomah. 2018. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Ketrampilan Menjahit Siswa Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan”. (versi online) Jurnal Keluarga (Vol. 4 Nomor 2). Hlm. 108
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks Jilid I, Edisi Kedua belas.
Munirah. 2018. “Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa”. (versi online) Jurnal Pendidikan Agama Islam (Volume 3, No. 2) Hal 8s
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purnomo, S., Djufri, E., & Khaharsyah, A. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972
Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Robbins, Stheppen P. 2001. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks. Terjemahan Tim Indeks, Jilid II.
Ruci Pawicara (2020). “Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19”. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/7 . Di akses Pada Tanggal 17 Januari 2021, Jam 20.40 WIB
Santrock John W. 2007. Adolescence. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga, Edisi keenaam
Sardiyanah, S. 2015. “Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya”. (versi online) Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan (Volume 7, No. 1) Hal 185-192
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. alfabeta.
Sunardi .2000 . Ortopedagogik Umum II Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Sebelas Maret.
Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Luh Devi Herliandry, N. M. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. (versi online) Jurnal Teknologi Pendidikan (Vol.22 Nomor 1).
Munirah. 2018. “Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa”. (versi online) Jurnal Pendidikan Agama Islam (Volume 3, No. 2) Hal 8s
Ni Nyoman Ayu Wilantari. 2018. “Komunikasi Massa dalam Manajemen Pariwisata”. (versi online) Jurnal Penerangan Agama Hindu (Vol. 16 Nomor 1). Hlm. 4
Sardiyanah, S. 2015. “Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya”. (versi online) Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan (Volume 7, No. 1) Hal 185-192
Suprihatin, S. 2015. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. (versi onlen) Jurnal Pendidikan Ekonomi (Vol.3.No.1). Hlm. 73
Yuliana. 2017. “Analisis Faktor Hasil Belajar Dasar Teknologi Menjahit Siswa Tata Busana di SMK”. (versi online) Jurnal Keluarga (Vol. 3 Nomor 1). Hlm. 6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Sri Wahyu Andayani, Rina Setyaningsih Setyaningsih, Dianna Ratnawati, Septi Azati Azati, Nur Chasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.