PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PERAWATAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF (PPMO) DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR TERHADAP PRESTASI PRAKTEK TUNE UP MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Nuresta Siswiyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Subagyo Subagyo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v1i2.127

Keywords:

Perawatan Perbaikan Motor Otomotif, Alat Ukur, Praktik Tune up

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh prestasi belajar mata pelajaran perawatan perbaikan motor otomotif; (2) pengaruh kemampuan menggunakan alat ukur; (3) pengaruh prestasi belajar mata pelajaran perawatan perbaikan motor otomotif dan kemampuan menggunakan alat ukur secara bersama-sama terhadap prestasi praktek tune up motor bensin. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perawatan Perbaikan Motor Otomotif (PPMO) dan Kemampuan Menggunakan Alat Ukur terhadap Prestasi Praktik Tune up Motor Bensin di SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian diperoleh (1) prestasi belajar mata pelajaran perawatan perbaikan motor otomotif berpengaruh positif terhadap prestasi praktik tune-up motor bensin pada siswa; (2) kemampuan menggunakan alat ukur berpengaruh positif terhadap prestasi praktik tune-up motor bensin pada siswa; (3) prestasi belajar mata pelajaran perawatan perbaikan motor otomotif dan kemampuan menggunakan alat ukur berpengaruh positif terhadap prestasi praktik tune-up motor bensin pada siswa kelas XI Program Keahlian Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 seyegan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Published

12/01/2013

Issue

Section

Artikel

Citation Check