Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Mata Pelajaran Teknik Permesinan Konvensional

Authors

  • Yoga Putra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Samidjo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Arif Bintoro Johan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i1.12873

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan media articulate storyline untuk mata pelajaran Teknik Permesinan Konvensional Kelas XI SMKN 1 Seyegan yang memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif. Instrumen yang dipakai di penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi dan ahli media untuk mengukur kelayakan, lembar angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan game untuk mengukur keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserch and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba Media Pembelajaran Articulate Storyline yang dikembangkan adalah peserta didik kelas XI TFLM 1 SMKN 1 Seyegan sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digpakai adalah lembar penilaian ahli materi dan ahli media untuk mengukur kelayakan, lembar angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan lembar tes untuk mengukur keefektifan.Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Articulate Storyline yang di ubah menjadi apikasi android pada materi menghitung kecepatan putaran mesin bubut untuk peserta didik kelas XI TFLM 1 SMKN 1 Seyegan yang memenuhi kriteria layak, praktis, dan juga efektif. Penilaian kelayakan diperoleh hasil rata-rata skor dari validator ahli materi sesesar 3,26 dengan kriteria baik untuk rata-rata skor dari validator ahli media sebesar 3,74 dengan kriteria sangat baik. Penilian kepraktisan didapat dari hasil angket respon siswa dengan skor rata-rata yang didapat yaitu 3,38 dengan kriteria baik atau praktis. Penilaian keefektifan didapat dari posttest kemampuan pemahaman siswa terhadap materi menghitung kecepatan mesin bubut, didapat ketuntasan siswa secara klasikal dengan KKM ≥ 70 yaitu 71% dengan kriteria baik

References

Aji, Tomi Nuswantoro, and Arif Bintoro Johan. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Training Kit Sistem Starter Development Of Learning Media For Training Kits . This Starter System.” 9(2):123–31.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Fikri, Hasnul, and Ade Sri Madonda. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. edited by M. P. Hendrizal, S.IP. Yogyakarta: Sambudra Biru.

Huifang, Qi, and Jiang Hao. 2021. “The Status Quo and Thinking of Classical Music Education and Learning in Higher Vocational Colleges in China.” ACM International Conference Proceeding Series 90–95.

Johan, Arif Bintoro, Slamet PH, and Widodo. 2019. “Evaluation of Education Implementation of Link and Match Systems of the Industrial and Vocational School in Yogyakarta Province.” Jurnal Taman Vokasi 7(2):216–22.

Khaharsyah, Alfat. 2019. “The Development of Android-Based Learning Media for Light Vehicle Engineering Skill Students of SMKNegeri 2 Pengasih.” in Journal of Physics: Conference Series.

Purnomo, Sigit, and Muhammad Bruri Triyono. 2018. “Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK.” TAMAN VOKASI. doi: 10.30738/jtvok.v6i1.2972.

Putra, Andre Pranama, and Samidjo. 2016. “Hubungan Antara Penguasaan Mata Diklat Produktif Dan Nilai Praktik Kerja Industri Dengan Hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2014/2015.” 4(2):163–76.

Ratih, Dwi, and Wahyu Ningtias. 2021. “Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi Kelas X Boga Di SMK Negeri 2 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 11(1):25–36.

Ratnawati, Dianna, and Setuju Setuju. 2019. “Revitalization of Occupational Safety and Health Teaching Materials Based on Life Based Learning Paradigms.” TAMAN VOKASI. doi: 10.30738/jtv.v7i2.6319.

Sari, Bintari Kartika. 2017. “Desain Pembelajaran Model ADDIE Dan Impelentasinya Dengan Teknik Jigsaw.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan" 87–102.

Sigit Purnomo, Elyas Djufri, Alfat Khaharsyah. 2020. “Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis e-Learning Edmodo Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin.” Jurnal Taman Vokasi 8 (2):74.

Sigit Purnomo, Slamet Priyanto, Eko Adi, Sigit Dwi Susanto. 2022. “Development of Learning Media Using the Sparkol Videoscribe Application on Measuring Tools at Vocational High School.” Journal of Mechanical Engineering Education 7(1):11–18.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Alfabeta, Bandung.

Widoyoko, Eko Putro. 2019. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

06/30/2023

How to Cite

Yoga Putra, Samidjo, S., & Johan, A. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Mata Pelajaran Teknik Permesinan Konvensional : . Jurnal Taman Vokasi, 11(1), 111–118. https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i1.12873

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>