Pemanfaatan kulit ayam sebagai frozen food taichan satay guna peningkatan nilai ekonomi pangan hewani

Authors

  • Julian Andriani Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, Indonesia
  • Ninuk Subandiyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, Indonesia
  • Davin Taufiq Abdillah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13226

Keywords:

kulit ayam, frozen food taichan satay, nilai ekonomi pangan hewani

Abstract

Selain dagingnya yang dapat dikonsumsi, bagian ayam yang dapat dikonsumsi adalah bagian kulit dan jeroan dari ayam tersebut, yang apabila kita beli di pasaran harga dari kulit ayam maupun jeroan dari ayam ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga daging ayam. Kulit ayam pada saat ini mempunyai harga beli yang cukup rendah di pasaran untuk bahan yang saat ini dapat diolah menjadi salah satu bahan dasar dari pembuatan kuliner yang masih trend dimasa ini, yaitu Sate Taichan. Salah satu inovasi kuliner yang cukup menarik perhatian masyarakata saat ini adalah kuliner Sate Taichan. Sate Taichan dikenal di Indonesia sekitar tahun 2016 Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengolah kulit ayam ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Frozen Food. Frozen Food atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan olahan makanan yang dibekukan, adalah salah satu cara atau metode mengawetkan makanan yang dilakukan dengan cara menyimpan makanan dalam suhu sampai mencapai titik bekunya yang mempunyai tujuan untuk membuat bahan makanan tersebut menjadi lebih tahan lama sehingga tidak mudah busuk atau basi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RAL (Rancangan Acak Lengkap) Dengan pengulangan sebanyak tiga kali. Dalam RAL banyaknya satuan percobaan tidak dibatasi. Analisis yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis uji organoleptik. Tahapan yang dilakukan adalah mengolah kulit ayam, lalu setelah itu proses packing, dilanjutkan dengan proses pembekuan, dan yang terakhir adalah proses pengujian organoleptik.

References

Amalia, S. R., Bahar, A., Suhartiningsih, & Soeyono, R. D. (2021). Faktor Penentu Pemilihan Produk Pangan Beku ( Frozen Food ) Pada Generasi Y Dan Z Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tata Boga, 10(1), 213–222.

Asiah, N., Cempaka, L., & David, W. (2018). Pendugaan Umur Simpan Produk Pangan. In UB Press (Issue February).

Atik. (2021). Analisis Bisnis Dan Tren Konsumsi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Terhadap Frozen Food Pada Masa Pandemi Covid 19. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 14(1), 52–68. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v14i1.1599

Dhameria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi Pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi Pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang), 13(1), 1–44. https://doi.org/10.14710/jspi.v13i1.1-44

Faradila, O. (2021). Kualitas Pelayanan Pada Konsumen (Survey Pada Konsumen Kedai Sate Taichan Anggun Lestari). Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 11–21.

Galdeano, M. C., dos Santos Gomes, F., Chávez, D. W. H., Almeida, E. L., Moulin, L. C., de Grandi Castro Freitas de Sá, D., & Tonon, R. V. (2022). Lycopene-rich watermelon concentrate used as a natural food colorant: Stability during processing and storage. Food Research International, 160, 111691. https://doi.org/10.1016/J.FOODRES.2022.111691

Jagtap, S., & Rahimifard, S. (2019). The digitisation of food manufacturing to reduce waste – Case study of a ready meal factory. Waste Management, 87, 387–397. https://doi.org/10.1016/j.wasman.2019.02.017

Nastiti, A., Astuti, N., Anna, C., & Affifah, N. (2021). Tingkat Kesukaan Frozen Food Otak-Otak Ikan Bandeng Daun Kelor. Jurnal Tata Boga, 10(3), 428–436.

Nurohim, Nurwantoro, & Sunarti, D. (2016). The Effect of Marinating Methods with Garlic to Meat Duck on pH,Water Holding Capacity, and Total of Coliform. Animal Agriculture Journal, 2(1), 77–85.

Rosmawati, Syam, H., & Sukainah, A. (2021). Pengaruh Jenis Kemasan dan Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Minuman Khas Sinjai (Ires). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 7(1996), 6.

Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sate Taichan Banjar D’licious) Ellysa. Operations & Supply Management, 12th Edition, 2(1), 51–60.

Santoso, I., Mustaniroh, S. ., & Pranowo, D. (2018). Keakraban Produk dan Minat Beli Frozen Food: Peran Pengetahuan Produk, Kemasan, dan Lingkungan Sosial. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 133–144. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.133

Subardin, M. (2009). Valuasi Ekonomi Kawasan Konservasi (Ilustrasi Pendekatan Biaya Perjalanan). Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(2), 103–112.

Tikkanen, L. M., Latva-Kala, K. J., & Heiniö, R. L. (1996). Effect of commercial marinades on the mutagenic activity, sensory quality and amount of heterocyclic amines in chicken grilled under different conditions. Food and Chemical Toxicology, 34(8), 725–730. https://doi.org/10.1016/0278-6915(96)00036-1

Wahyuningtias, D. (2010). Uji Organoleptik Hasil Jadi Kue Menggunakan Bahan Non Instant dan Instant. Binus Business Review, 1(1), 116. https://doi.org/10.21512/bbr.v1i1.1060

Wang, K. (2022). Expanding the definition of healthy eating: Incorporating food packaging, kitchen equipment, and food storage. Explore, 18(1).

Wardiah, N. (2003). Pengembangan Produk Baru Dan Model-Model Evaluasi Produk Baru. In Jurnal Manajemen Maranatha (Vol. 2, Issue 2, pp. 1–20).

Downloads

Published

12/31/2022

How to Cite

Putri, J. A., Subandiyah, N., & Abdillah, D. T. (2022). Pemanfaatan kulit ayam sebagai frozen food taichan satay guna peningkatan nilai ekonomi pangan hewani. Jurnal Taman Vokasi, 10(2), 165–172. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13226

Issue

Section

Artikel

Citation Check