Persepsi mahasiswa dan dosen STT STIKMA internasional terhadap penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13260Keywords:
Persepsi, MBKM, Kreativitas, Daya Saing LulusanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa dan Dosen terhadap implementasi MBKM dalam meningkatkan kreativitas untuk menunjang daya saing di pasar kerja. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Proses pembelajaran yang digunakan selama ini dianggap kurang efektif karena hanya bertumpu pada pendidik, sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Dibutuhkan pembelajaran mandiri yang diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan berdasarkan pengalaman belajar. Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, membutuhkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkarakter serta kreative. Perencanaan konsep Kampus Merdeka ini pada dasarnya merupakan inovasi pembelajaran untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang terbaik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data persepsi Dosen dan Mahasiswa dikumpulkan menggunakan instrumen yang sama. Instrumen survey yang telah divalidasi, digunakan untuk mengumpulkan data dari instrumen yang dibagikan melalui google form secara online. Dari hasil penelitian yang diperoleh, masih banyak dosen dan mahasiswa yang belum mengetahui tentang MBKM. Oleh karena itu perlu treatment lanjutan untuk memaksimalkan program MBKM di STT STIKMA Internasional.
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.
Adine, S. P. (2020). Implementasi Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi.
Adiyanta, F. S. (2019). Hukum dan studi penelitian empiris: Penggunaan metode survey sebagai instrumen penelitian hukum empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697-709.
Akrim, A. (2022). Covid-19 Dan Kampus Merdeka Di Era New Normal (Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Pengetahuan). Aksaqila Jabfung.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.
Andari, S., Windasari, A. C. S., Setiawan, A. C., & Rifqi, A. (2021). Student exchange program of merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) in Covid-19 pandemic. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 28(1), 30-37.
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182.
Anwar, S. (2019). Revolusi industri 4.0 Islam dalam merespon tantangan teknologi digitalisasi. Jurnal Studi KeIslaman, 8(2).
Arti, M. (2020, May). Tantangan sekolah dan peran guru dalam mewujudkan pembelajaran bahasa yang efektif di era 4.0 menuju masyarakat 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
ASIAH, S. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Survey Pada Peserta Didik Kelas V di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Asri, K. H., Komariah, A., Meirawan, D., & Kurniady, D. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penyerapan Lulusan Berbasis Industri. Research and Development Journal of Education, 7(1), 01-10.
Bolliger, D. U., & Martin, F. (2018). Instructor and student perceptions of online student engagement strategies. Distance Education, 39(4), 568-583.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative, quantitative and mixed methods approaches.
Dalegi, F. R., Mingkid, E., & Rondonuwu, S. (2019). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG BERITA ONLINE DI SURAT KABAR SINDO (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KOMBOS TIMUR KEC. SINGKIL KOTA MANADO). Acta Diurna Komunikasi, 1(4).
Elihami, E. (2022). Mapping the scientific research in ‘Independent Learning Independent Campus’ in years 2021-2022: a bibliometric review. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(1), 12-18.
Elihami, E., & Melbourne, M. (2022). The Trend of “Independent Learning Independent Campus”: Teaching Model of Islamic Education through bibliometrics mapping in 2021-2022. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 86-96.
Gandasari, D., Muslimah, T., Pramono, F., Nilamsari, N., Iskandar, A. M., Wiyati, E. K., ... & Sudarmanto, E. (2022). Pengantar Komunikasi Antarmanusia. Yayasan Kita Menulis.
Hakim, A. L., Fajri, M. B., & Faizah, E. N. (2022). Evaluation Of Implementation Of MBKM: Does Academic Stress Affect On Student Learning Outcomes?. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(1), 1-16.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-29.
Hermanto, A., Kusnanto, G., & Fadilah, N. (2021). Pengembangan Model Sistem Informasi Dalam Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Untuk Mendukung Program MBKM. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 20-27.
Heryono, H., Kuraesin, U., Nurohmah, H., & Novitasari, R. (2022). THE PERCEPTION OF THE ACADEMIC COMMUNITY OF LANGUAGE FACULTY TOWARDS THE CURRICULUM OF INDEPENDENT LEARNING-INDEPENDENT CAMPUS (MBKM). English Journal Literacy Utama, 6(2), 560-566.
Purnomo, S., Djufri, E., & Khaharsyah, A. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972
Wagiran, Pardjono, Suyanto, W., Sofyan, H., Soenarto, S., & Yudantoko, A. (2019). Competencies of future vocational teachers: Perspective of in-service teachers and educational experts. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25393
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Taufik Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.