Pengembangan laboratorium PUB (pengelolaan usaha busana) pendidikan tata busana sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja

Authors

  • Ma'rifatun Nashikhah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mien Kharnolis Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Deny Arifiana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract

Laboratorium memiliki peranan yang penting untuk proses kegiatan praktek belajar mengajar. Oleh karena itu perlunya perbaikan terhadap laboratorium pengelolaan usaha busana yang dilakukan di S1 Pendidikan Tata Busana sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain laboratorium pengelolaan usaha busana S1 Pendidikan Tata Busana dengan rancangan desain yang baru dan lebih efisien sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini diawali dengan observasi permasalahan yang ada di laboratorium pengelolaan usaha busana dengan menggunakan metode penelitian pengembangan yang menghasilkan desain laboratorium yang sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja. Laboratorium yang dirancang dengan desain baru yang lebih efisien dan lebih aman dari bahaya arus listrik, serta penggunaan lebih nyaman untuk pengguna laboratorium. Harapannya, penelitian ini untuk memperbaiki sarana dan prasarana laboratorium pengelolaan usaha busana yang sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja serta kenyamanan dari pemakai laboratorium. Hasil yang didapatkan dari 55 pengguna adalah sebagai berikut: 1) terdapat 8 pengguna tergolong rendah; 20 pengguna tergolong sedang; 17 pengguna tergolong tinggi; dan 10 pengguna tergolong sangat tinggi, sehingga dapat dikatakan respon pengguna terhadap laboratorium pengelolaan usaha busana (PUB) dalam kategori cukup tinggi.

References

Akani, Omiko. (2015). Laboratory Teaching: Implication on Students’ Achievement In Chemistry In Secondary Schools In Ebonyi State of Nigeria. Journal of Education and Practice, 6, 206-213.

Cahyaningrum, Dwi. (2020). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2, 35-40.

Emda, Amna. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5, 83-92.

Fagihi, Yahea Ali. (2018). The Level of Awareness of Safety Measures Practiced in School Laboratories among Pre-Service Science Teachers at Najran University. Journal of Educational Issues, 4 (1), 107-121. https://doi.org/10.5296/jei.v4i1.12908

Mahanani, C., Susanto, M. R., & Purnomo, S. (2020). Relasi motivasi kerja terhadap kinerja pengelolaan laboratorium di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7193

Nisa, Uswatun., Sukmawati., Syamsidar., Sari, Indah., Auliah., Muhiddin, & Nurhayani H. (2021). Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Lepa-lepa Open, 1, 129-135.

Purnomo, S., Djufri, E., & Khaharsyah, A. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972

Purnomo, S., Slamet Priyanto, Eko Adi, S. D. S. (2022). Development of Learning Media Using the Sparkol Videoscribe Application on Measuring Tools at Vocational High School. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 11–18.

Qurbasari D, Frida., Alayyannur, Putri Ayuni., Haqi, Dani Nasirul., Ernawati, Meirina & Sugiharto, Fauziah Mukti. (2019). Risk at the Educational Laboratory in Indonesia. Indian Journal of Public Health Research and Development, 10, 558-562.

Rahmantiyoko, Agus., Sunarmi, Sri., Kurniah Rahmah, Fataty, Sopet & Slamet. 2019. Keselamatan dan Keamanan Kerja Laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series, 4, 36-38.

Rowe, Rebecca J., Koban, Lori., Davidoff, Amy J & Thompson, Kathryn H. 2018. Efficacy of Online Laboratory Science Courses. Journal of Formative Design in Learning, 2, 56–67.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Susanto, Irwan. 2017. Korelasi Kemampuan Pengelolaan Laboratorium Dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23, 80-85.

Widowati. 2011. Perencanaan Laboratorium Tata Busana Pada Kelas Unggulan Program Keahlian Tata Busana Di SMK Negeri 3 Magelang. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 40, 93-100.

Downloads

Published

12/31/2022

How to Cite

Nashikhah, M., Kharnolis, M., & Arifiana, D. . (2022). Pengembangan laboratorium PUB (pengelolaan usaha busana) pendidikan tata busana sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja. Jurnal Taman Vokasi, 10(2), 149–158. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/13332

Issue

Section

Artikel

Citation Check