Pengembangan laboratorium PUB (pengelolaan usaha busana) pendidikan tata busana sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja
Abstract
Laboratorium memiliki peranan yang penting untuk proses kegiatan praktek belajar mengajar. Oleh karena itu perlunya perbaikan terhadap laboratorium pengelolaan usaha busana yang dilakukan di S1 Pendidikan Tata Busana sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain laboratorium pengelolaan usaha busana S1 Pendidikan Tata Busana dengan rancangan desain yang baru dan lebih efisien sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini diawali dengan observasi permasalahan yang ada di laboratorium pengelolaan usaha busana dengan menggunakan metode penelitian pengembangan yang menghasilkan desain laboratorium yang sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja. Laboratorium yang dirancang dengan desain baru yang lebih efisien dan lebih aman dari bahaya arus listrik, serta penggunaan lebih nyaman untuk pengguna laboratorium. Harapannya, penelitian ini untuk memperbaiki sarana dan prasarana laboratorium pengelolaan usaha busana yang sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja serta kenyamanan dari pemakai laboratorium. Hasil yang didapatkan dari 55 pengguna adalah sebagai berikut: 1) terdapat 8 pengguna tergolong rendah; 20 pengguna tergolong sedang; 17 pengguna tergolong tinggi; dan 10 pengguna tergolong sangat tinggi, sehingga dapat dikatakan respon pengguna terhadap laboratorium pengelolaan usaha busana (PUB) dalam kategori cukup tinggi.
References
Akani, Omiko. (2015). Laboratory Teaching: Implication on Students’ Achievement In Chemistry In Secondary Schools In Ebonyi State of Nigeria. Journal of Education and Practice, 6, 206-213.
Cahyaningrum, Dwi. (2020). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2, 35-40.
Emda, Amna. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5, 83-92.
Fagihi, Yahea Ali. (2018). The Level of Awareness of Safety Measures Practiced in School Laboratories among Pre-Service Science Teachers at Najran University. Journal of Educational Issues, 4 (1), 107-121. https://doi.org/10.5296/jei.v4i1.12908
Mahanani, C., Susanto, M. R., & Purnomo, S. (2020). Relasi motivasi kerja terhadap kinerja pengelolaan laboratorium di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7193
Nisa, Uswatun., Sukmawati., Syamsidar., Sari, Indah., Auliah., Muhiddin, & Nurhayani H. (2021). Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Lepa-lepa Open, 1, 129-135.
Purnomo, S., Djufri, E., & Khaharsyah, A. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972
Purnomo, S., Slamet Priyanto, Eko Adi, S. D. S. (2022). Development of Learning Media Using the Sparkol Videoscribe Application on Measuring Tools at Vocational High School. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 11–18.
Qurbasari D, Frida., Alayyannur, Putri Ayuni., Haqi, Dani Nasirul., Ernawati, Meirina & Sugiharto, Fauziah Mukti. (2019). Risk at the Educational Laboratory in Indonesia. Indian Journal of Public Health Research and Development, 10, 558-562.
Rahmantiyoko, Agus., Sunarmi, Sri., Kurniah Rahmah, Fataty, Sopet & Slamet. 2019. Keselamatan dan Keamanan Kerja Laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series, 4, 36-38.
Rowe, Rebecca J., Koban, Lori., Davidoff, Amy J & Thompson, Kathryn H. 2018. Efficacy of Online Laboratory Science Courses. Journal of Formative Design in Learning, 2, 56–67.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Irwan. 2017. Korelasi Kemampuan Pengelolaan Laboratorium Dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23, 80-85.
Widowati. 2011. Perencanaan Laboratorium Tata Busana Pada Kelas Unggulan Program Keahlian Tata Busana Di SMK Negeri 3 Magelang. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 40, 93-100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Ma'rifatun Nashikhah, Mien Kharnolis, Deny Arifiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.