Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode project based learning
Keywords:
Metode, Project Based Learning, Keaktifan, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga kendaran ringan melalui model Project Based Learning di SMK Pembaharuan Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, observer dan guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa 1) observasi, 2) tes unit kerja dan 3) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI TKRO SMK Pembaharuan Purworejo. Hal ini terbukti dengan meningkatnya presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 61,15%. Sedangkan pelaksanaan siklus II presentase keaktifan siswa menjadi 80,12% dengan kualifikasi kualitas presentase keaktifan belajar siswa “tinggi”. Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena berdasarkan hasil penelitian pada siklus II, telah berhasil mencapai indikator keberhasilan yaitu minimal 76% pada presentase keaktifan belajar siswa sehingga tidak dilakukan tindakan siklus III.
References
Achmad Sobirin, Dwi Jatmoko. 2021. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TKRO dengan Menggunakan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pengelasan Di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aswan. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Dyoty, Auliya Vilda Ghasya.2018. Gerakan Sekolah Menyenangkan Dan Ramah Anak (GSMRA) Sebagai Wujud Rekonstruksi Pelaksanaan Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Dasar.
Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=IMPELENTASI+MODEL+PROJECT+BASED+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN++KEAKTIFAN+DAN+HASIL+BELAJAR&btnG= diakses pada tanggal 5 November 2021
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=POLA+GERAKAN+SEKOLAH+MENYENANGKAN+%28GSM%29+DI+MADRASAH+IBTIDAIYAH+ALHUSNA+PONDOK+AREN+TANGERANG+SELATAN&btnG= diakses pada tanggal 18 November 2021
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROJECT+BASED+LEARNING+TERHADAP+HASIL++BELAJAR+DAN+KEAKTIFAN+BELAJAR+SISWA+DI+SMK+NEGERI+1+NGAWEN+&btnG= diakses pada tanggal 21 November 2021
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/1217 diakses pada tanggal 5 November 2021
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=GERAKAN+SEKOLAH+MENYENANGKAN+DAN+RAMAH+ANAK+%28GSMRA%29++SEBAGAI+WUJUD+REKONSTRUKSI+PELAKSANAAN+PENDIDIKAN++PADA+JENJANG+SEKOLAH+DASAR+&btnG= diakses pada tanggal 5 November 2021
Kurniawan, Andi; Suparmin, Suparmin; Handoyono, Nurcholish Arifin. Impelentasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar. 2021.
Kustandi, Cecep, and Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Belajar. Jakarta: Kencana.
Made, Saihu.2021. Pola Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Pondok Aren Tangerang Selatan. Vol. 4, No. 01, 2021
Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihartiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. ed. Rose Kusumaning Ratri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutirman. 2013. Media Dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyitno. 2018. Power Train Sistem Pemindah Tenaga. DI Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. ed. Anang Solihin Wardan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2017. Pedoman Tugas Akhir. Purworejo:Universitas Muhammadiyah Purworejo
Utama, Kiki Okta Dwi; Sukaswanto, Sukaswanto. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2020, 2.2: 79-92
Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Widoyoko, Eko Putro. 2018. Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Aci Primartadi, Suyitno Suyitno, Widiyatmoko Widiyatmoko, Arief Kurniawan, Yosep Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.