Kompetensi guru, budaya kerja, dan motivasi guru berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa SMK

Authors

  • Christin Sumarno Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Tri Kuat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Edhy Susatya Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) pengaruh kompetensi guru terhadap kualitas pembelajaran, (2) pengaruh budaya kerja terhadap kualitas pembelajaran, (3) pengaruh motivasi guru terhadap kualitas pembelajaran, (4) pengaruh kompetensi guru, budaya kerja, dan motivasi guru secara simultan terhadap kualitas pembelajaran, (5) pengaruh kualitas pembelajaran terhadap kesiapan kerja siswa SMK, (6) pengaruh kompetensi guru terhadap kesiapan kerja siswa SMK dengan kualitas pembelajaran sebagai variabel intervening, (7) pengaruh budaya kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK dengan kualitas pembelajaran sebagai variabel intervening, (8) pengaruh motivasi guru terhadap kesiapan kerja sisa SMK dengan kualitas pembelajaran sebagai variabel intervening. Kelima variabel penelitian diukur berdasarkan  persepsi siswa. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling sejumlah 201 responden dari 324 anggota populasi. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dilanjutkan dengan uji regresi linier berganda serta analisis jalur (path analysis) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan; (1) kompetensi guru berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, (2) budaya kerja berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, (3) motivasi guru berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, (4) kompetensi guru, budaya kerja, dan motivasi guru secara simultan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, (5) kualitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK, (6) kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK dengan kualitas pembelajaran sebagai variabel intervening, (7) budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK dengan kualitas pembelajaran sebagai variabel intervening, (8) motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK dengan kualitas pembelajaran sebagai variabel intervening.

References

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21.

Agustin, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada MTSN di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Jurnal Idaarah UIN Alauddin Makassar, 4(1), 111-118.

Aryuni, W. (2015). Pengaruh kualitas pembelajaran dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran MDPL (Menggambar Dengan Perangkat Lunak). (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Azis, N. H. (2017). Pengaruh motivasi guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik SMA Negeri 2 Sungguminasa kelas XI MIA Kabupaten Gowa. (S1), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Azizah, R. (2020). Kualitas pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

BPS. (2021). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021. Jakarta.

Brandt, R. (1993). What do you mean profesional? Education Leadership, 6(50), March.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK Jurnal pendidikan dan pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1-14.

Hapsari, D. W., & Prasetio, A. P. (2017). Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Bawang. Paper presented at the e-Proceeding of Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom Bandung.

Harangus, K., Zsofia, I. H., & Erzsebet, S. (2020). Existing and to be developed teacher competences in engineer teacher training Contemporary Educational Researches, 10(4), 123.

Idkhan, A. M., & Adam, H. A. (2016). Dampak jiwa kewirausahaan dan hasil praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK paket keahlian teknik pemesinan di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 3(1), 16-17.

Ilahi, C. W., Hadi, S., & Purnomo. (2020). Hubungan penerapan budaya kerja 5R, persepsi kompetensi kepribadian guru, dan pemahaman agama dengan karakter kejuruan siswa kompetensi keahlian TKJ di SMK Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 77-81.

Irwanto. (2020). Pembelajaran pendidikan vokasional yang efektif di era revolusi 4.0 di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 8(2), 1-8.

Kemendikbud. (2020). Neraca Pendidikan Daerah. from Kemendikbud

Latif, S. (2019). Peran guru dalam meningkatkan kualitas sekolah unggulan. (S1), Universitas Negeri Malang, Malang.

Mubarok, R. (2018). Pelaksanaan ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R) bengkel Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Pakem dalam mewujudkan sekolah berbasis industri. (S1), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode belajar dan mengajar. Bandung: Bumi Siliwangi.

Mustowiyah, Murniati, N. A. N., & Sunandar. (2017). Pengaruh budaya sekolah dan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan di SMP negeri se-Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik UPGRIS, 3(1), 89-113.

Nugroho, Murtini, W., & Subarno, A. (2020). Pengaruh praktik kerja industri dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4(1), 1-10.

Nurmalina. (2019). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 2 Mesjid Raya. Journal of Economic and Science, 5(1), 50-60.

Purnamawati, Amir, F., & Purnamasari, R. (2020). Analisis kesiapan kerja siswa, kualitas pembelajaran, dan sarana prasarana SMK negeri di Kabupaten Soppeng. (S1), Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972

Ridho, M. (2020). Teori motivasi McClelland dan implikasinya dalam pembelajaran PAI. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Palapa, 8(1), 1-16.

Rohmantoro, D. (2018). Pengaruh praktik kerja industri, budaya kerja 5R, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa pada SMK binaan PT. Astra Daihatsu Motor di DIY. (S2), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Salam, B., Ma'ufur, M., & Laeli, S. (2017). Pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru bersertifikassi di Madrassah Aliyah Tadbir Muwahhid Universitas Djuanda Bogor, 1(1), 32-42.

Salirawati, D. (2018). Smart teaching: Solusi menjadi guru profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitorus, R. A. (2017). Tantangan dan harapan pendidikan kejuruan di Indonesia dalam mewujudkan Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki daya saing ketenagakerjaan. Paper presented at the Simposium Kemendikbud

Sofyan, H. (2015). Metodologi pembelajaran kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiri. (2019). Implementasi progran budaya industri 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin) di SMK Pembaharuan Purworejo. Paper presented at the Prosiding seminar nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0., Yogyakarta.

Sunarto & Supriyadi, D. (2019). Efektivitas implementasi model pembelajaran SMK dalam memenuhi tantangan revolusi industri 4.0. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 190-200.

Surya, M. (2015). Psikologi guru, konsep dan aplikasi. Bandung: CV. ALFABETA.

Syahid, A., & Bachri, S. (2019). Pengaruh kompetensi guru, motivasi berprestasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja mengajar guru di MI Mitra PGMI Umi Makassar. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(58), 1-20.

Wafiroh, H. (2017). Motivasi guru dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan kepada siswa di SMA Negeri 3 Tapung Kabupaten Kampar. JOM FISIP Universitas Riau, 4(2), 1-13.

Wahyono, B. D. (2018). Kecakapan abad 21 ciptakan output peserta didik SMK unggul. https://jatengpos.co.id/kecakapan-abad-21-ciptakan-output-peserta-didik-smk-unggul/

Wahyudi, L., Kuncoro, T., & Dardiri, A. (2018). Pengaruh kinerja pedagogik guru dan kondisi lingkungan terhadap minat kerja dan dampaknya pada hasil belajar siswa SMK. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 41(1), 55-66.

Wahyuningsih, R. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN 5 Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen, 1(1), 19-27.

Downloads

Published

12/31/2022

How to Cite

Sumarno, C., Kuat, T., & Susatya, E. . (2022). Kompetensi guru, budaya kerja, dan motivasi guru berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Taman Vokasi, 10(2), 111–123. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i2.13496

Issue

Section

Artikel

Citation Check