Pengembangan media pembelajaran praktikum dasar jaringan komputer berbasis video tutorial
Keywords:
Media pembelajaran, simulasi, video tutorialAbstract
Pemanfaatan teknologi untuk menunjang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi sangat diperlukan terutama pada media pembelajaran yang memadai dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan tidak membosankan. Untuk itu tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran praktikum yang mudah diakses berupa video tutorial pada praktikum dasar jaringan komputer untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan praktikum secara mandiri. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan produk media pembelajaran praktikum menggunakan video tutorial dinyatakan sangat layak digunakan oleh ahli materi dengan presentase 85% dan menurut ahli media dinyatakan sangat layak dengan presentase 88,33% serta hasil dari respon pengguna dinyatakan sangat layak dengan presentase 83,58%. Sehingga media pembelajaran praktikum berupa video tutorial yang diakses melalaui YouTube sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum. Khususnya pada praktikum dasar jaringan komputer serta memudahkan mahasiswa untuk melakukan praktikum jaringan LAN, WLAN dan Sharing Data secara mandiri menggunakan aplikasi simulasi Cisco Packet Tracer.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Bustanil, M. S., & Tri Ardianto, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Chandra, F., & Nugroho, W. Y. (2017). Implementasi FLIPPED Classroom dengan Video Tutorial pada Pembelajaran fotografi Komersial. DEMANDIA, 2(1), 20–36.
Demayanti, F., & Soenarto, S. (2018). Pengembangan video pembelajaran bumbu dan rempah pada mata pelajaranpengolahan makanan kontinental. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–102. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.14028
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas x pada mata pelajaran sistem operasi. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33.
Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271–277. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139
Hasanah, N. A., Ajie, H., & Duskarnaen, M. F. (2021). Pengembangan Video Media Pembelajaran Mata Kuliah Perancangan Jaringan Komputer Program Studi Pendidikan Informatika Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pinter.5.1.8
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2022). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Iqbal, M., Latifah, S., & Fisika, P. (2019). Pengembangan Video Blog (VLOG) Channel Youtube Dengan Pendekatan STEM Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Inovasi Pembangunan-Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135–148. https://doi.org/10.35450/jip
Irawan, U., & Wirasasmita, R. H. (2019). Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 84–90. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1654
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan , 1(2), 1–7.
Maisiswati, B. H., Ismatulloh, K., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran CD Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 66–73.
Mandalika, & Syahril. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725
Mapicayanti, D., Jamaludin, & Fathoni, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesain Jaringan Lokal/LAN Kelas X TKJ. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 59–65. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913
Narbuko, C., & Achmadi, H. (2009). Metodologi Penelitian. Bumi Askara.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. Taman Vokasi, 6(1), 120.
Purnomo, S., Priyanto, S., Ady E., & Susanto, D.,. (2022). Development of Learning Media Using the Sparkol Videoscribe Application on Measuring Tools at Vocational High School . Vanos, 7(1), 11.
Purmadi, A., & Lukitasari, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Perserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2243
Suyatno, M., Mustaji, & Sugiharto, H. (2022). Pengembangan Video Pada Pembelajaran Flipped Classroom Mata Pelajaran Informatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 260–269. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7838
Swara, G. Y., Ambiyar, Fadhilah, & Syahril. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 105–117. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.35028
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68–76. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi
Viyan Surya Aji, A., & Siswanto, I. (2021). Pengembangan Video Tutorial Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate CC. Jurnal Taman Vokasi, 9(2), 141–148. https://doi.org/10.30738/jtv.vXiY.0000
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. 1(2), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Susanti H. Hasan, Husriyana Isnain, Laroma Larumbia, Rahmawati Nasser

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.